Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Banyak cara yang sudah dilakukan, tetapi bau mulut tak sedap masih sering mengganggu? Ternyata, para peneliti telah menemukan satu cara mudah membasmi bau mulut yang Anda alami.

Terpopuler: Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Hingga Larangan Beli Baju Lebaran di 10 Hari Ramadhan

Bau mulut biasanya memicu penurunan kepercayaan diri pada seseorang. Dilansir dari laman Reader's Digest, aroma tak sedap dari mulut itu dipicu oleh beberapa hal seperti kesalahan dalam menyikat gigi.

Para peneliti ternyata telah menemukan cara mudah membasmi masalah tersebut. Menurut humas American Dental Association, dr. Ada Cooper, bau mulut juga cenderung menjadi tanda bahwa tubuh sedang dehidrasi.

Hindari Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadhan Dengan 3 Tips Ini!

"Saat mulut menjadi kering, air liur menjadi berkurang. Dan, saat kekurangan air liur itu, makanan dan bakteri menyatu dan menetap lebih lama sehingga memicu bau mulut," papar dia.

Menurut dia, konsumsi air mineral dalam jumlah banyak, dapat menyingkirkan masalah bau mulut tersebut. Serta, waspada terhadap konsumsi kopi, alkohol, rokok, atau beberapa obat medis yang bisa memicu mulut menjadi kering.

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Tidak hanya itu, konsumsi beberapa makanan tertentu, juga memicu terjadinya bau mulut. Maka, disarankan untuk menghindari makanan yang memicu bau mulut itu atau  akan lebih baik, konsumsi air sebanyak-banyaknya agar menyingkirkan aroma tak sedap.

Dokter Cooper juga merekomendasikan, selalu menyikat gigi saat malam hari menjelang tidur. Sebab, malam hari yang panjang, menyebabkan makanan dan bakteri menetap lebih lama dan membuat aroma mulut semakin tidak sedap.

Ilustrasi wanita/kulit wajah.

Dehidrasi Kulit Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Cara Efektif Atasinya Menurut Dokter

Dokter Aesthetic, dr. Prima Bachrul Alam, menjelaskan, ada beberapa ciri kulit yang mengalami dehidrasi jika kekurangan cairan. Apa saja? Scroll untuk tahu lebih lanjut.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024