Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 10:57 WIB
  • Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Diza Liane Sahputri
Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Anda Mengalami Dehidrasi
Photo :
  • pixabay/Adinavoicu
ilustrasi bau mulut dan sariawan.

VIVA.co.id – Banyak cara yang sudah dilakukan, tetapi bau mulut tak sedap masih sering mengganggu? Ternyata, para peneliti telah menemukan satu cara mudah membasmi bau mulut yang Anda alami.

Bau mulut biasanya memicu penurunan kepercayaan diri pada seseorang. Dilansir dari laman Reader's Digest, aroma tak sedap dari mulut itu dipicu oleh beberapa hal seperti kesalahan dalam menyikat gigi.

Para peneliti ternyata telah menemukan cara mudah membasmi masalah tersebut. Menurut humas American Dental Association, dr. Ada Cooper, bau mulut juga cenderung menjadi tanda bahwa tubuh sedang dehidrasi.

"Saat mulut menjadi kering, air liur menjadi berkurang. Dan, saat kekurangan air liur itu, makanan dan bakteri menyatu dan menetap lebih lama sehingga memicu bau mulut," papar dia.

Menurut dia, konsumsi air mineral dalam jumlah banyak, dapat menyingkirkan masalah bau mulut tersebut. Serta, waspada terhadap konsumsi kopi, alkohol, rokok, atau beberapa obat medis yang bisa memicu mulut menjadi kering.

Tidak hanya itu, konsumsi beberapa makanan tertentu, juga memicu terjadinya bau mulut. Maka, disarankan untuk menghindari makanan yang memicu bau mulut itu atau  akan lebih baik, konsumsi air sebanyak-banyaknya agar menyingkirkan aroma tak sedap.

Dokter Cooper juga merekomendasikan, selalu menyikat gigi saat malam hari menjelang tidur. Sebab, malam hari yang panjang, menyebabkan makanan dan bakteri menetap lebih lama dan membuat aroma mulut semakin tidak sedap.