Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 18:29 WIB
  • Menguak Mitos dan Fakta Seputar Masalah Suara Serak

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Ayu Utami Paramitha
Menguak Mitos dan Fakta Seputar Masalah Suara Serak
Photo :
  • http://www.siklusdunia.com
Ilustrasi suara serak.

VIVA.co.id – Ketika Anda mengalami batuk, atau pilek,  pasti Anda pernah menglalami kehilangan suara Anda, atau suara menjadi serak.

Pada dasarnya seseorang yang mengalami suara serak mempunyai banyak faktor penyebab, salah satunya karena kondisi tubuh yang tidak fit. Jika kondisi tubuh seseorang sedang baik-baik saja, orang tersebut tidak akan mengalami suara serak, dan begitu pula sebaliknya.

Untuk mengatasi masalah ini, Spesialis THT, Dr Zainal Adhim, Sp.THT-KL (K) Ph.D mengungkapkan, mereka yang memiliki masalah ini, sebaiknya menghindari makanan berminyak seperti gorengan.

Namun, ada yang beranggapan, masalah suara serak dan batuk bisa diatasi dengan mengonsumsi perasan jeruk nipis dan kecap. Benarkah? Mengenai hal ini, dr Adhim memastikan, konsumsi air jeruk dan kecap belum tentu ampuh menyembuhkan serak.

"Karena belum ada pembuktian secara ilmiah bahwa gabungan jeruk nipis dan kecap dapat menyembuhkan suara serak," ujarnya, Rabu, 13 September 2017.

Suara serak pun dijelaskannya, muncul karena banyak faktor, salah satunya karena penyakit pilek atau pun batuk. Jika Anda mengalami sakit pilek atau batuk dan mengalami suara serak dianjurkan untuk mengonsumsi obat.

"Tetapi, jika Anda mengalami suara serak yang sudah melebihi tiga hari diikuti dengan rasa sakit dan sesak nafas, lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut," katanya.

Namun, jika mengalami suara serak tanpa ada gejala terlebih dahulu seperti batuk atau pilek, yang disertai dengan sesak nafas yang mendalam, Anda dapat langsung memeriksakan kondisi Anda ke Rumah Sakit terdekat. (asp)