Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 05:49 WIB
  • Suara Tiba-tiba Serak Bisa Jadi Gejala Kanker Laring

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Ayu Utami Paramitha
Suara Tiba-tiba Serak Bisa Jadi Gejala Kanker Laring
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi tenggorokan.

VIVA.co.id – Masih banyak orang yang belum tahu mengenai kanker laring. Kanker laring adalah tumor yang tumbuh pada kotak suara (laring). Laring sendiri merupakan bagian yang memiliki fungsi penting dalam proses berbicara dan bernapas. 

Dr. Zainal Adhim, Sp. THT-KL (K),  Ph. D. Spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher, mengatakan bahwa gejala pertama kanker laring adalah perubahan suara menjadi serak yang diikuti dengan berberapa gejala. 

"Jika Anda mengalami perubahan suara menjadi serak tanpa adanya infeksi virus seperti batuk dan pilek, diiringi dengan sakit tenggorokan, sulit atau sakit saat menelan, dan memiliki benjolan di leher, itulah tanda-tanda dari adanya kanker laring." kata Zainal di Jakarta, Rabu, 13 September 2017

Dokter yang sehari-hari praktik di Rumah Sakit Pondok Indah itu mengatakan, penyebab terjadinya kanker laring belum diketahui secara pasti. Akan tetapi salah satu faktor yang diduga menyebabkan kanker laring adalah merokok.

Ya, merokok merupakan pemicu utama kanker laring. Selain itu, memiliki anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit kanker juga dapat memengaruhi terjadinya kanker laring, dan paparan polusi udara secara terus menerus.

"Sebagai pencegahan kanker laring, sebaiknya Anda mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat, dan berhentilah merokok. Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti sakit tenggorokan yang berlangsung lama, sebaiknya jangan ditunda untuk konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut." ucap Zainal. (ase)