Lima Jenis Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Shanghaiist

VIVA.co.id – Memiliki seorang bayi, tentunya banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya, asupan baik untuk sang ibu, agar dapat mengoptimalkan kesehatannya saat menyusui si kecil.

Kulit Kering saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

Ketika menyusui, para ibu harus memiliki kondisi yang segar dan bugar. Hal ini agar produksi ASI tetap sehat dan melimpah. Berikut lima rekomendasi asupan untuk ibu menyusui dikutip dari laman Medical Daily.

1. Ikan

Kenali Sejak Dini Gejala Hamil yang Berisiko Tinggi

Lemak dari ikan sangat baik untuk ibu menyusui seperti dari ikan salmon. Kandungannya yang berisi lemak baik atau disebut DHA, dapat membantu mengembangkan sistem saraf bayi. Serta, lemak ikan membantu menstabilkan mood ibu baru.

2. Telur

Benarkah Konsumsi Kunyit saat Hamil Berbahaya?

Tidak ada yang meragukan kehebatan telur. Bahan makanan lezat ini juga mengandung DHA. Selain itu, kuning telur juga mengandung omega3 yang baik untuk kesehatan ibu.

3. Sayuran hijau dan kacang

Asam folat sangat penting dikonsumsi saat masa kehamilan. Namun, kandungan asam folat juga perlu di masa menyusui untuk membuat para ibu memproduksi ASI yang berkualitas dan melimpah. Makanan yang mengandung asam folat yaitu sayuran hijau dari bayam dan kacang panjang

4. Susu

Susu sangat penting untuk mempertahankan kalsium tubuh. Kalsium ini yang nantinya memicu pertumbuhan pada tubuh si kecil

5. Air mineral

Banyak ibu menyusui yang berisiko tinggi alami dehidrasi karena tubuhnya yang memproduksi ASI. Untuk itu, konsumsi air mineral dalam jumlah banyak dapat memperlancar produksi ASI untuk bayi. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya