Studi: Gemerlap Lampu Jalan Malam Hari Picu Kanker Payudara

Lampu malam hari
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Selain paparan polusi, ternyata lampu gemerlap di malam hari juga memicu penyakit. Penelitian terbaru menemukan lampu-lampu malam di sepanjang jalan dapat memicu kanker payudara pada kaum wanita.

Kisah Sedih Istri Idap Kanker, Suami Malah Selingkuh dengan Adik

Dilansir dari laman Medical Daily, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Enviromental Health Perspectives, menemukan bahwa wanita yang lebih sering di luar saat malam hari, berisiko tinggi picu kanker payudara dibandingkan wanita yang hanya sedikit terpapar lampu malam.

"Hasil penelitian ini menemukan bahwa paparan besar terhadap lampu luar ruangan di malam hari dapat memicu risiko kanker payudara," ujar peneliti Peter James.

Terhalang Tabu Soal Seks, Kasus Kanker Payudara Meningkat

Penelitian tersebut melibatkan data kesehatan pada 109.672 wanita. Para partisipan itu rata-rata mendapatkan sorotan lampu di luar ruangan saat malam hari dan dilakukan selama periode 1989 hingga 2013.

Kaitan erat antara lampu luar ruangan di malam hari dan risiko kanker payudara hanya ditemukan pada wanita di masa pra menopause dan mereka yang sempat menjadi perokok. Tidak hanya itu, kaitan ini juga sangat erat terlihat pada kelompok perawat yang bekerja saat shift malam.

Perawatan Terkini Kanker Payudara HER2-Positif Sudah Lebih Canggih

Para peneliti percaya, kaitan antara keduanya, disebabkan terganggunya irama sirkadian tubuh. Terlebih, penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa lampu di malam hari, memproduksi hormon melatonin sehingga tubuh sulit memiliki jam tidur.

Wali Kota Malang Sutiaji

Lampu Jalan di Kota Malang Dimatikan Jam 8 Malam Selama PPKM Darurat

Mematikan lampu jalan pada pukul 20.00 WIB agar semua warga Kota Malang untuk mengakhiri segala aktivitasnya di luar rumah.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2021