Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 17 September 2017 | 05:30 WIB
  • Ingin Tingkatkan Kembali Gairah Berolahraga, Ini Tipsnya

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Isra Berlian
Ingin Tingkatkan Kembali Gairah Berolahraga, Ini Tipsnya
Photo :
Wanita jogging.

VIVA.co.id – Padatnya rutinitas dan pekerjaan, membuat pola hidup berantakan sehingga berdampak pada kesehatan. Mulai dari naiknya berat badan, kondisi kesehatan menurun hingga kualitas tidur kurang baik. 

Salah satu yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan beberapa aktivitas olahraga, baik melakukan olahraga lari, senam, jogging, atau bahkan renang ketika waktu senggang atau libur. 

Tapi semakin banyak rutinitas yang mendera itu, membuat kita malas melakukan kegiatan tersebut ketika memiliki waktu senggang. Dan akan lebih memilih tidur seharian di rumah. Tapi jangan khawatir ada beberapa tips menarik untuk menaikkan gairah kita untuk mau berolahraga yang dilansir dari lama Star2.

1. Mencari teman untuk melakukan aktivitas bersama

Menemukan teman latihan adalah salah satu cara membuat Anda disiplin mengikuti jadwal olahraga. Karena membuat rencana untuk berjalan bersama akan membuat Anda lebih sulit untuk membatalkan dan membuat Anda berdua lebih bertanggung jawab.

Berolahraga dengan teman atau pasangan akan membantu Anda untuk tetap termotivasi dan saling memberikan semangat untuk dapat mencapai target yang ingin dicapai saat berolahraga. 

2. Membeli pakaian baru

Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah sesuatu yang baru. Mengubah atau memperbarui perlengkapan olahraga Anda mungkin memberi dorongan semangat untuk tetap semangat melakukan latihan olahraga.

Berikan diri Anda reward berupa perlengkapan olahraga baru kepada diri Anda ketika dapat memenuhi target yang diinginkan. Ini akan membantu memberikan semangat Anda untuk mengerjakan sesuatu.

3. Mencoba mengikuti kelas olahraga yang berbeda 

Dengan mengikuti kelas baru ini akan meningkatkan semangat Anda untuk dapat bugar. Selain itu, dengan mengikuti kelas baru, Anda dapat menemukan beberapa keterampilan serta membantu Anda mendapatkan teman. 

Anda bisa mencoba beberapa olahraga baru seperti Yoga, atau Body Pump untuk melatih ketahanan.

4. Buatlah tujuan baru yang ingin dicapai

Menetapkan tujuan baru adalah cara yang bagus untuk memotivasi diri Anda untuk memulai kembali berolahraga. Misalnya membuat sebuah tujuan jogging setiap minggu, atau meningkatkan jumlah porsi latihan Anda dari 3 kali per minggu menjadi 4 kali per minggu. 

Tidak harus terlalu jauh atau terlalu banyak untuk memulai dengan, hanya sesuatu yang merupakan tantangan tapi juga menyenangkan untuk Anda.

5. Cek sampai mana keberhasilan Anda

Mengikuti jejak latihan akan membantu Anda untuk menunjukkan seberapa jauh Anda telah berkembang dan membantu Anda tetap rajin berolahraga.

Buatlah jadwal latihan pada buku harian Anda. Ini dimaksudkan untuk mencatat berapa banyak yang Anda dapatkan dan apa yang Anda capai.  (mus)