Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 17 September 2017 | 09:25 WIB
  • Bunda, Kenali Peran Ruang PICU untuk Si Kecil

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Diza Liane Sahputri
Bunda, Kenali Peran Ruang PICU untuk Si Kecil
Photo :
  • VIVA.co.id/Rifki Arsilan
Henny Silalahi, Ibunda bayi Debora yang meninggal dunia karena tidak dirawat di ruang PICU oleh RS Mitra Keluarga lantaran orangtuanya tidak bisa memenuhi uang muka perawatan.

VIVA.co.id – Belum lama ini, kasus kematian bayi Debora mencuatkan permasalahan mengenai ruang Pediatric Intensive Care Unit, atau PICU. Banyak opini yang menuturkan pentingnya peran ruangan tersebut untuk menyelamatkan bayi Debora.

Apa sebenarnya peran ruang PICU?

Ruang PICU ternyata bukanlah jaminan untuk menyelamatkan nyawa pasien. Spesialis Anak dr Paulus Linardi SpA mengatakan, sebelum masuk ke ruang PICU, setidaknya pasien bisa ditolong di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Dokter akan menstabilkan kondisi pasien yang kritis dan menunggu tindakan lebih lanjut.

"Prosedur tindakan pertama ini ke IGD lebih dulu. Tindakan yang dilakukan untuk menstabilkan kondisi. Lalu, kalau ada perawatan lebih lanjut, apa pasien harus menjalani perawatan intensif, atau tidak, itu tergantung kondisi pasien," ujarny,a saat dihubungi VIVA.co.id, Minggu, 17 September 2017.

Sayangnya, banyak masyarakat salah kaprah dan mengira ruang PICU satu-satunya ruangan yang menyelamatkan pasien. Bisa saja di dalam ruangan tersebut pasien mengalami perburukan dan penurunan kondisi kesehatan.

"Pasien kalau masuk PICU bisa mengalami perburukan. Seperti jantungnya semakin lemah, atau kondisi organ tubuh lain juga lemah, hingga tidak berfungsi. Jadi, tidak ada garansi PICU menyelamatkan pasien," katanya.

Di ruang PICU, dokter tetap akan menilai kondisi pasien yang butuh perawatan intensif. Tugas tim medis benar-benar memantau pasien, karena kondisinya belum stabil.