Bahaya Mengintai di Balik Sariawan

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Seringkali kondisi mulut dan gigi dianggap sepele, termasuk sariawan. Padahal, peran kesehatan gigi sangat berpengaruh pada beberapa penyakit berbahaya, salah satunya kanker.

Awalnya Sariawan, Aktris Ini Ternyata Idap Autoimun

Sariawan menjadi hal yang umum dirasakan oleh hampir sebagian besar masyarakat. Bentuknya yang kecil, sering dibiarkan dan tidak dianggap penting. Padahal, sariawan bisa menjadi tanda penyakit berbahaya.

"Ada gejala penyakit lain yang terlihat di kondisi mulut. Seperti timbulnya sariawan, biasanya dianggap sepele, tapi itu bisa jadi tanda kanker mulut," ujar Sekjen PB PDGI, drg. Diono Susilo,MPH, kepada VIVA.co.id.

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

Menurut Diono, kanker mulut seharusnya dapat dideteksi melalui sariawan tersebut. Namun, karena seringnya terabaikan, gejala tersebut tidak dapat dideteksi.

Tidak hanya kanker mulut, menurut Diono, gejala penyakit berbahaya lainnya dapat dilihat dari kondisi mulut. Gejala penyakit mematikan, HIV, dapat dilihat dari kondisi mulut.

5 Rekomendasi Obat Ampuh Basmi Sariawan

"Kondisi sariawan juga kadang menjadi tanda HIV. Makanya, penting untuk melihat kondisi sariawan atau saat lidah terasa mulai pahit terus menerus, itu perlu diwaspadai," paparnya. 

COVID-19 dan lidah

Ada Lagi Gejala Aneh COVID-19 Termasuk Omicron, Kini Muncul di Lidah

Gejala aneh COVID-19 berbeda setiap orang. Ada yang umum tapi ada juga yang mengalami beberapa gejala khas yang tidak dirasakan pasien lain.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022