Hamil Muda Usia 20, Ini Saran Dokter

ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Kehamilan bintang reality show, Kylie Jenner, menjadi kabar panas di awal pekan. Warganet banyak yang mengkhawatirkan usia muda Kyle yang dirasa belum siap untuk berbadan dua.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Meski belum ada pernyataan resmi terkait kehamilan adik model Kendall Jenner itu, beritanya sudah menjadi viral dan hangat di telinga warganet. Berkaitan dengan itu, banyak yang mempertanyakan kesiapan gadis berusia 20 tahun untuk bisa mengandung janin tersebut.

"Selama wanita sudah pubertas, artinya organ intimnya memang sudah siap untuk mengandung janin," ujar spesialis Obgyn, dr. Med. Firman Santoso, Sp.OG.,  di kawasan Senayan, Jakarta, Senin, 25 September 2017.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Menurut Firman, tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat seorang wanita muda, berusia 20 tahun, mulai hamil. Secara fisik, tubuhnya sudah siap. Hanya saja, Firman mengkhawatirkan kesiapan psikis.

"Psikisnya yang mesti diperhatikan, karena mengandung janin itu membutuhkan kesiapan fisik dan psikis. Efek berbahaya secara fisik tidak ada, mungkin hanya pre eklampsia yang dikaitkan dengan usia kehamilan yang semakin muda," paparnya.

Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

Meski efeknya secara fisik tidak besar dan berbahaya, mengandung janin di usia muda harus memperhatikan efek pada psikis. Sehingga, dibutuhkan sebuah edukasi seks yang harus diberikan pemahamannya pada anak sejak dini.

"Saat anak sudah pubertas, sekitar 14 tahun, jangan malu untuk visit ke spesialis kandungan. Hal ini untuk memberi pemahaman bahwa kehamilan adalah hal yang harus direncanakan serta meminimalisir angka HIV AIDS pada kaum muda," ujar dokter yang praktik di RS Brawijaya, Jakarta itu.

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024