Bersihkan Rumah Sama Sehatnya dengan Pergi ke Gym

Ilustrasi membersihkan rumah
Sumber :
  • Pixabay/ klimkin

VIVA.co.id – Membersihkan rumah mungkin adalah salah satu aktivitas yang cukup melelahkan. Namun di balik aktivitas seperti menyapu, mengepel lantai atau merapikan perabot lainnya ternyata punya manfaat yang baik bagi tubuh 

Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Masih Bisa? Ini Tipsnya!

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet, ini bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Berolahraga selama 30 menit sehari mengurangi risiko kematian dini sebesar 28 persen dan penyakit jantung. Namun, anda tidak perlu menggunakan treadmill untuk merasakan manfaatnya, karena peneliti utama menjelaskan bahwa berjalan ke tempat kerja atau sekadar berkebun, selama setengah jam punya manfaat yang sama. 

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Studi tersebut mengamati 130.000 orang di 17 negara dan menemukan bahwa tidak peduli bentuk olahraga apa yang mereka pilih,  aktivitas fisik untuk jumlah kecil setiap hari ternyata juga memperpanjang umur dan mengurangi penyakit secara signifikan.

Kurang dari tiga persen peserta mencapai 30 menit melalui kegiatan santai yang biasanya diasosiasikan dengan berolahraga, seperti berlari atau berenang.

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

"Pergi ke gym sangat bagus, tapi kita perlu begitu banyak waktu untuk dihabiskan waktu di sana. Jika kita bisa berjalan kaki ke tempat kerja, atau pada waktu makan siang, itu akan membantu juga," ujar penulis utama Scott Lear, spesialis jantung di Rumah Sakit St Paul di Kanada, menjelaskan, laporan The New Scientist.

Timnya memperkirakan bahwa jika seluruh populasi memenuhi pedoman ini, satu dari 12 kematian dini dapat dicegah dan 4,6 persen kasus penyakit jantung dihindari.

Aktivitas sederhana seperti menyapu daun atau menggosok bak mandi bisa juga disebut bisa membakar hingga 200 kalori. Jadi tak perlu repot-repot untuk ke gym. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya