Air Kelapa Sebabkan Wanita Hamil Muda Keguguran, Benarkah?

Air kelapa.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kandungan air kelapa terbukti banyak memberi manfaat baik untuk tubuh. Tapi, tidak sedikit yang mengkhawatirkan bahaya air kelapa yang bisa menimpa ibu hamil.

Resep Herbal Ala dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi Akibat Kebanyakan Makan Daging

Mitos seputar air kelapa untuk ibu hamil, sudah banyak beredar di telinga masyarakat. Salah satunya, air kelapa disebut-sebut dapat memicu keguguran akibat kontraksi pada rahim.

"Memang air kelapa mengandung elektrolit yang bisa memicu kontraksi otot, tapi kalau diminum segelas sehari saja, itu enggak bisa bikin kontraksi. Normalnya, segelas itu dengan takaran 240 mililiter per harinya," ujar dr. Karin Wiradarma, kepada VIVA.co.id di kawasan Kuningan, Jakarta.

Air Kelapa Bagus Buat Buka Puasa, Tapi Tidak untuk Dua Orang Ini

Ia menegaskan, mitos kontraksi dan keguguran itu, masih belum terbukti hasilnya. Apalagi, ia membenarkan fungsi dan efek baik yang sebenarnya terkandung dari air kelapa asli untuk ibu hamil.

"Saya sempat dengar juga mitos bahwa air kelapa bikin air ketubannya bersih, tapi memang belum terbukti. Kebaikan Air kelapa sendiri terlihat dari kandungan gizinya seperti vitamin C, serat, dan elektrolit untuk tubuh ibu hamil," paparnya.

Minum Air Kelapa Bisa Bikin Cepat Langsing, Ini Waktu Terbaik Konsumsinya

Meski begitu, Karin tetap menyarankan adanya sumber gizi lengkap yang wajib dipenuhi ibu hamil. Sebab, nutrisi lengkap harus ada untuk kebutuhan ibu hamil selama masa tumbuh kembang janin di rahimnya.

"Air kelapa memang baik, tapi ibu hamil memerlukan nutrisi lainnya seperti lemak dan protein yang tidak ada di air kelapa. Jadi, tidak bisa ibu hamil hanya dapat nutrisi dari buah kelapa saja, tapi juga dari makanan bernutrisi lainnya."
 

Ilustrasi air kelapa

9 Manfaat Air Kelapa: Kelebihan di Setiap Tetesannya

Namun, manfaat air kelapa tidak hanya sebatas penghidrasi; ia juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahtera

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2023