Berkeringat di Sauna Ampuh Turunkan Hipertensi

Ilustrasi Sauna
Sumber :
  • Pixabay/Rita_Bernardhi

VIVA.co.id – Banyak cara yang diklaim mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, cara terbaru ini, terbilang cukup unik tapi ampuh membuat angka tekanan darah menurun.

Facebook Jadi Tukang Nguping demi Iklan

Dilansir laman Reader's Digest, Senin 9 Oktober 2017, menurut sebuah penelitian baru, dengan berkeringat, tekanan darah bisa turun secara efektif. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa berkeringat dalam sesi sauna bisa jadi kunci menurunkan tekanan darah pada pria.

Dalam penelitian itu, peneliti membagi 1621 pria sehat dalam tiga kelompok. Pertama, mereka yang ikut sauna sekali, kemudian mereka sauna dua atau tiga kali, dan mereka yang ikut sauna empat hingga tujuh kali per minggu.

Mandi Sauna 30 Menit Sehari Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Peneliti mengikuti perkembangannya dalam dua dekade, ditemukan 15,5 persen pria memiliki tekanan darah tinggi. Namun, tidak berlaku pada pria yang ikut sauna dua hingga tiga kali perminggu.

Di mana, risiko tekanan darah tinggi pada mereka yang sauna sebanyak dua kali per minggu bisa diturunkan hingga 24 persen. Sedangkan mereka yang ikut sauna sebanyak empat hingga tujuh kali per minggu, bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 50 persen.

Mau Badanmu Kurus? Lakukan 4 Cara Sederhana Ini

Para peneliti berujar bahwa tingkat kesehatan bisa meningkat saat seseorang berkeringat di sauna. Hal ini bermula, saat suhu tubuh meningkat, otot tenang, dan pembuluh darah melebar.

Ditambah, suhu panas tubuh dapat meningkatkan fungsi endothelium, yaitu jaringan-jaringan di peredaran darah tubuh. Dengan proses itu, tekanan darah bisa menurun secara efektif. (asp)

ilustrasi hubungan seks

Ini Manfaat Hubungan Intim Sebelum Tidur, Salah Satunya Cegah Tekanan Darah Tinggi

Seks dan hubungan intim, diyakini dapat menjaga kesehatan sistem reproduksi. Pada wanita, aktivitas seksual dikaitkan dengan peningkatan pelumasan dan elastisitas vagina.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023