Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 06:46 WIB
  • Bahaya Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Bimo Aria
Bahaya Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki
Photo :
  • instagram.com/adidas_gallery
Sepatu Adidas

VIVA.co.id – Saat ini, memakai sepatu tanpa kaus kaki menjadi tren di kalangan pria. Sebagian menganggap cara itu bisa memberikan penampilan yang lebih menarik.

Sayangnya, kebiasaan tersebut justru bisa mendatangkan masalah kesehatan. Dikutip dari Metro, College of Podiatry menyatakan, telah terjadi peningkatan infeksi jamur di kalangan pria muda yang gemar memakai sepatu tanpa menggunakan kaus kaki.  

Ahli penyakit kaki, Emma Stephenson mengatakan bahwa dia melihat lebih banyak pria berusia 18 hingga 25 tahun dengan masalah yang berhubungan dengan memakai sepatu tanpa kaus kaki dan sepatu yang tidak pas. Kecenderungan ini disebut mankle.

Dan masalah tersebut muncul akibat jumlah keringat yang dihasilkan. "Terlalu lembap dan hangat bisa menyebabkan infeksi jamur seperti (penyakit) kutu air," kata dia.

Penyakit athlete foot atau kutu air diakibatkan oleh infeksi jamur. Penyakit ini biasanya ditandai dengan ruam di antara jari kaki, biasanya menyebabkan melepuh, kulit merah dan rasa gatal.

Salah satu insiden terburuk yang pernah ditemuinya adalah seorang pemuda berusia 19 tahun yang bekerja di tempat cuci mobil. Dia memiliki kaki yang sangat berkeringat dan mengalami kerusakan kaki akibat kelembapan atau suhu dingin.

Jika  tidak ingin mengalaminya, maka Anda harus mencoba untuk membeli sepatu yang berventilasi baik, sepatu yang pas, idealnya dengan bahan yang bisa bernapas. Anda juga bisa menyemprot beberapa antiperspirant di kaki Anda sebelum Anda membeli sepatu atau termudah adalah memakai kaus kaki.