Waspada, Tak Rutin BAB jadi Gejala Kanker Usus

Ilustrasi usus .
Sumber :
  • Pixabay/Elionas2

VIVA.co.id – Pola buang air besar, atau BAB pada tiap orang biasanya berbeda-beda. Tetapi, rutinitas buang air besar yang terganggu, ternyata dapat menjadi pertanda tubuh mengalami masalah serius. Bahkan, bisa jadi, tidak teratur buang air besar, indikasi seseorang menderita kanker usus.

Zodiak Ambivert hingga Minuman Penyebab Kanker Usus

Gejala kanker usus, seringkali tak disadari. Padahal, jika mengetahui gejalanya sejak dini, masalah kesehatan ini bisa dicegah.

"Kanker usus usia 30-an saja sudah ada. Gejalanya, sering diabaikan seperti tidak teraturnya BAB, misal kadang diare kadang sulit BAB sampai tiga hari, ini bahaya," ujar Spesialis Patologi Klinik dari RSK Dharmais, Dr. Evelina Suzanna, kepada VIVA.co.id ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta.

Minuman Populer Ini Tingkatkan Risiko Kanker Usus Dua Kali Lipat

Ia menuturkan, jika seseorang telah memiliki tanda BAB yang tidak rutin, segera konsultasi ke dokter. Terlebih, jika memiliki riwayat keluarga terhadap gangguan metabolik.

"Ditambah riwayat keluarga seperti sakit gula, kolesterol tinggi, dan asam urat. Gangguan metabolik itu mempermudah penyakit kanker menyerang, karena kebersihan darahnya beda," paparnya.

Dikonsumsi Jutaan Orang, Minuman Ini Gandakan Risiko Kanker Usus

Meski begitu, ia menyarankan, tidak harus pantang terhadap makanan yang mengandung minyak. Evelina menyarankan, cukup konsumsinya yang dibatasi, agar tidak memicu risiko kanker semakin meningkat.

"Tubuh tetap butuh lemak, jadi jangan alergi banget sama minyak dan lemak itu. Agar BAB lancar, tubuh kan butuh minyak sebagai pelumas dan pelancar. Maka, konsumsi lemak sesuai porsinya, disertai protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral," kata dia. (asp)

Nikita Mirzani

Gak Mau Makan, Nikita Mirzani Alami Ini di Penjara

Nikita Mirzani telah resmi ditahan atas laporan Dito Mahendra yang merupakan kekasih dari Nindy Ayunda. Nikita ditahan di Rumah Tahanan Kelas IIB, Serang, Banten. 

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2022