Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 15:38 WIB
  • Waspada, Tak Rutin BAB jadi Gejala Kanker Usus

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Diza Liane Sahputri
Waspada, Tak Rutin BAB jadi Gejala Kanker Usus
Photo :
  • Pixabay/Elionas2
Ilustrasi usus .

VIVA.co.id – Pola buang air besar, atau BAB pada tiap orang biasanya berbeda-beda. Tetapi, rutinitas buang air besar yang terganggu, ternyata dapat menjadi pertanda tubuh mengalami masalah serius. Bahkan, bisa jadi, tidak teratur buang air besar, indikasi seseorang menderita kanker usus.

Gejala kanker usus, seringkali tak disadari. Padahal, jika mengetahui gejalanya sejak dini, masalah kesehatan ini bisa dicegah.

"Kanker usus usia 30-an saja sudah ada. Gejalanya, sering diabaikan seperti tidak teraturnya BAB, misal kadang diare kadang sulit BAB sampai tiga hari, ini bahaya," ujar Spesialis Patologi Klinik dari RSK Dharmais, Dr. Evelina Suzanna, kepada VIVA.co.id ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta.

Ia menuturkan, jika seseorang telah memiliki tanda BAB yang tidak rutin, segera konsultasi ke dokter. Terlebih, jika memiliki riwayat keluarga terhadap gangguan metabolik.

"Ditambah riwayat keluarga seperti sakit gula, kolesterol tinggi, dan asam urat. Gangguan metabolik itu mempermudah penyakit kanker menyerang, karena kebersihan darahnya beda," paparnya.

Meski begitu, ia menyarankan, tidak harus pantang terhadap makanan yang mengandung minyak. Evelina menyarankan, cukup konsumsinya yang dibatasi, agar tidak memicu risiko kanker semakin meningkat.

"Tubuh tetap butuh lemak, jadi jangan alergi banget sama minyak dan lemak itu. Agar BAB lancar, tubuh kan butuh minyak sebagai pelumas dan pelancar. Maka, konsumsi lemak sesuai porsinya, disertai protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral," kata dia. (asp)