Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 12 Oktober 2017 | 14:35 WIB
  • Tubuh Kurang Kalsium Berisiko Gagal Jantung Mendadak

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Adinda Permatasari
Tubuh Kurang Kalsium Berisiko Gagal Jantung Mendadak
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi susu.

VIVA.co.id – Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kadar kalsium rendah dalam darahnya, memiliki kemungkinan dua kali mengalami gagal jantung. Para peneliti telah bekerja intensif untuk memahami apa yang membuat seseorang berisiko tinggi mengalami gagal jantung, sebuah kondisi yang berakhir fatal pada 90 persen kejadian.

Temuan yang dipublikasikan di Mayo Clinic Proceeding dan dilansir laman The Independent itu menunjukkan kaitan yang mengejutkan antara kondisi itu dengan asupan kalsium.

Para peneliti di Amerika Serikat membandingkan kadar kalsium darah yang diukur dari 267 pasien yang mengalami gagal jantung dan tambahan 445 orang yang tidak. Hasil penelitian menemukan bahwa kadar kalsium rendah pada mereka yang mengalami gagal jantung mendadak.

Pasien yang berada dalam kelompok dengan risiko tertinggi, memiliki kadar kalsium darah yang lebih rendah dari 8,95 miligram per desiliter, yang berada sedikit saja di dalam kisaran normal 8,5-10,2 miligram.

Selain itu, data penelitian tersebut juga menemukan bahwa pasien gagal jantung kemungkinan besar adalah warga Afrika-Amerika yang mengalami diabetes, penyakit paru obstruktif kronik, dan penyakit ginjal kronis.

Meski penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui apakah meningkatkan asupan kalsium benar-benar bisa mengurangi risiko serangan jantung yang tidak terduga, tapi temuan ini merupakan langkah lebih maju untuk memprediksi risiko. (ren)