Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 12 Oktober 2017 | 16:12 WIB
  • Bahaya Pinjamkan Sandal Hingga Earphone pada Orang Lain

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Adinda Permatasari
Bahaya Pinjamkan Sandal Hingga Earphone pada Orang Lain
Photo :
  • Pixabay/CC0 Public Domain
Ilustrasi sandal jepit

VIVA.co.id – Kebanyakan wanita saat sedang bersama, seringkali berbagi banyak hal. Bukan hanya berbagi cerita, tetapi juga sering sekali berbagi barang-barang pribadi, termasuk kosmetik, lipstik hingga saling pinjam handuk.

Namun, tahukah Anda, meski berbagi sesuatu termasuk berbagi barang-barang pribadi bisa meningkatkan tali persaudaraan. Tetapi, hal itu bisa berbahaya dan memicu masalah kesehatan serius.

Dilansir laman Times of India, berikut ini adalah benda-benda pribadi Anda yang seharusnya tidak Anda pinjamkan ke orang lain.

Sandal

Nilai kesopanan paling dasar kepada tamu di rumah adalah meminjamkan mereka sepasang sandal. Tentunya, Anda tidak mengharapkan mereka membawa sandal sendiri dalam perjalanan jauh yang mereka tempuh untuk menemui Anda. Tetapi, sandal bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur. Karenanya, akan lebih baik jika Anda menyediakan sepasang sandal baru, atau yang tidak pernah dipakai untuk para tamu.

Lipstik atau lipgloss

Sudah menjadi hal yang biasa bagi para wanita untuk saling meminjamkan lipstik dan lipgloss mereka ke teman. Tapi sadarkah Anda, jika kebiasaan ini bisa sangat berbahaya? Anda tidak pernah tahu apakah teman Anda memiliki penyakit herpes, yang bisa menular pada Anda melalui kulit jika Anda meminjamkannya.

Kosmetik

Alat kosmetik lainnya seperti eyeshadow, bedak, atau lainnya, harus Anda simpan untuk Anda pakai sendiri. Jika Anda pergi ke salon untuk merias wajah, pastikan mereka menjaga kebersihan alat-alat rias mereka dengan benar. Anda tidak pernah tahu, bakteri apa yang orang lain miliki di kulitnya yang bisa menular pada Anda.

Handuk

Infeksi kulit paling umum tertular melalui penggunaan handuk orang lain. Hindari penggunaan handuk yang disediakan di kolam renang umum, atau pusat kebugaran untuk menghindari penularan jamur, atau bakteri dari orang lain. Hal ini, karena keringat orang lain merupakan tempat berkembang biak kuman.

Aksesoris rambut

Kutu dan ketombe bisa tersebar melalui penggunaan aksesoris rambut dari orang lain. Menggunakan bandana, jepit rambut, atau bahkan sisir, bisa menulari Anda kutu dan ketombe.

Headphone

Saat di tempat kerja, kita seringkali menggunakan earphone teman di kantor. Ini bisa berbahaya karena bakteri tertentu berkembang biak di kotoran telinga kita. Jika kita menggunakan earphone orang lain, kita membuat diri kita terpapar infeksi telinga.

Deodoran dan roll-on

Permukaan deodoran dan roll-on bisa mengandung bakteri saat kontak dengan kulit Anda. Meminjamkannya ke orang lain, bisa menyebabkan transmisi bakteri ini.

Produk perawatan kulit
Aksesoris perawatan kulit seperti spons, sikat, roller pijat, bisa mengumpulkan sedikit bakteri dari sel kulit mati yang terlepas. Jika kita meminjamkannya kepada orang lain, kulit Anda bisa terkena bakteri. Jika orang lain memiliki jerawat atau Anda memiliki kulit yang rentang berjerawat, Anda juga bisa terkena bakteri ini. (asp)