Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 15:19 WIB
  • Pusing dan Pandangan Kabur, Waspada Tumor Otak

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Adinda Permatasari
Pusing dan Pandangan Kabur, Waspada Tumor Otak
Photo :
  • pixabay/publicdomainpictures
Ilustrasi Sakit Kepala

VIVA.co.id – Tumor otak merupakan jaringan abnormal yang timbul akibat pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam otak. Penyakit ini merupakan silent killer karena umumnya masyarakat awam tidak mengenali gejala awal dari tumor otak.

Yang lebih menyulitkan lagi bagi masyarakat, biasanya gejala yang timbul sama seperti penyakit biasa, seperti pusing. Tapi, dr Agus C Anab, SpBS dari Comprehensive Brain and Spine Center Indonesia menjelaskan, alarm pertama yang harus segera disadari dari gejala tumor otak adalah pusing.

"Kalau pusing, jangan remehkan. Harus hati-hati, apalagi kalau sudah lebih dari satu bulan dan sering muncul di pagi hari," ujar dokter yang akrab disapa Aca di Jakarta, Jumat, 13 Oktober 2017.

Jika Anda sering merasakan pusing, hilang timbul, dan berlangsung lebih dari satu bulan, segeralah periksakan ke rumah sakit. Minimal, lakukan pemeriksaan CT scan.

Aca menambahkan, gejala kedua yang juga harus diwaspadai adalah pandangan mata kabur. Seringkali, kondisi ini dianggap sebagai kelainan refraksi atau kacamata sehingga membuat penderitanya berulang kali mengganti kacamata.

Pandangan mata kabur ini, kata Aca, memang bisa disebabkan karena gangguan pada bola mata seperti glukoma atau kelainan refraksi. Tapi, pandangan kabur juga bisa diakibatkan saraf mata tertekan oleh tumor.

Karena itu, penting sekali untuk segera memeriksakan kondisi otak Anda jika kedua gejala ini muncul. Banyak pasien yang datang dalam kondisi terlambat karena mengabaikan kondisi tersebut.

"Kalau terlambat agak repot, pulihnya lebih sulit karena saraf itu ada keterbatasan. Kalau tertekan sudah terlalu lama dan pucat, sulit untuk dikembalikan normal, kecuali kalau masih bengkak saja," ujar Aca.