Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 14 Oktober 2017 | 14:56 WIB
  • Tips Maksimalkan Gerakan Olahraga saat Aktivitas di Kantor

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Isra Berlian
Tips Maksimalkan Gerakan Olahraga saat Aktivitas di Kantor
Photo :
  • Pixabay/Keifit
Ilustrasi olahraga

VIVA.co.id – Memiliki tubuh sehat dan ideal menjadi tujuan banyak orang. Karena selain soal estetika, memiliki tubuh ideal dan sehat, juga mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit. Selain menjaga pola makan, olahraga yang cukup menjadi salah satu faktor yang mengindikasikan bahwa seseorang sehat.

Namun, sering kali karena padatnya aktivitas kantor, berolahraga menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Dilansir dari laman star2, asisten profesor bidang kesehatan masyarakat dari Baylor College of Medicine, Dr. Irvin Sulapas mengutarakan bahwa sebetulnya olahraga dapat dilakukan kapan saja baik pagi, siang hari, atau malam hari, bahkan ketika Anda sedang bekerja.

Ia pun menyebut, American College of Sports Medicine merekomendasikan seseorang berolahraga minimal selama 150 menit per minggu.

Namun, Anda bisa membagi waktu olahraga tersebut sebanyak yang Anda inginkan. Apakah selama lima kali seminggu dengan rentan waktu 30 menit, atau tiga kali seminggu dengan durasi waktu satu jam.

Akan mudah bagi seseorang, dengan jadwal kesehariannya yang tidak padat dalam menjalankan aktivitas olahraga. Tapi bagaimana, jika seseorang dengan jadwal yang padat dapat melakukan aktivitas olahraga?

Sulapas mengutarakan bahwa seseorang yang memiliki aktivitas yang sibuk tetap dapat sehat. Mereka bisa melakukan beberapa aktivitas kecil seperti bangun dan bergerak.

Untuk membantu Anda menekan target ini dan bergerak lebih banyak setiap hari. Sulapas memberikan tips berikut ini.

1. Selalu bergerak

Selalu menggunakan tangga baik di kantor, tempat publik atau apartemen. Jika menggunakan mobil, ada baiknya memarkirkan kendaraan Anda agak jauh dari lokasi tujuan Anda. Ini dimaksudkan, agar Anda dapat sedikit bergerak lebih banyak.

Jika memungkinkan, berjalan atau bersepeda ke tempat kerja Anda. Selama istirahat makan siang Anda, berjalanlah selama 15 sampai 20 menit di sekitar kantor untuk berolahraga.

Usahakan tidak membawa botol air ke tempat kerja. Gunakanlah cangkir kecil untuk minum, sehingga Anda harus bangun dari meja kerja untuk mengisi minuman Anda.

2. Sedikit berolahraga kecil di meja kerja

Anda bisa melakukan beberapa gerakan seperti berdiri kemudian jongkok. Tapi ada yang lebih sederhana, yakni bangun dari meja kerja dan berjalan mengelilingi kantor selama beberapa menit setiap jam, atau dua jam.

Jika memungkinkan, gunakan meja duduk/berdiri, yang bisa memberi Anda pilihan untuk sedikit lebih aktif di tempat kerja Anda.

3. Atur makanan yang dikonsumsi

Selain berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, juga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat.

Sulapas merekomendasikan, mengonsumsi makanan ringan yang sehat seperti yogurt, buah, dan kacang tanah, yang dapat mencegah kelaparan dan memperbaiki penurunan berat badan.

4. Selalu terhidrasi

Saat berolahraga Anda mengerahkan banyak energi. Tetap terhidrasi dapat mencegah cedera, kram, kelelahan dini, dan kemungkinan pingsan. (asp)