Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 14 Oktober 2017 | 17:08 WIB
  • Konsumsi Roti Setelah Nasi Ternyata Baik Bagi Kesehatan

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Isra Berlian
Konsumsi Roti Setelah Nasi Ternyata Baik Bagi Kesehatan
Photo :
  • Pixabay/Condesign
Ilustrasi roti

VIVA.co.id – Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dipercaya memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Karena itu banyak orang yang enggan untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu.

Salah satunya adalah tidak mengonsumsi roti seusai makan nasi. Atau memilih makan roti dan tidak mengonsumsi nasi setelahnya. 

Namun, baru-baru ini, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh BMJ Open Diabetes Research & Care menyimpulkan mengonsumsi roti setelah makan itu baik. Dengan melakukan hal itu dapat membantu Anda dalam mengatur kadar gula darah.

Dilansir dari laman Timesofindia, studi itu telah diterapkan kepada 16 orang dewasa yang memiliki diabetes tipe 2. Mereka diberikan karbohidrat dalam bentuk yang berbeda untuk dikonsumsi. 

Kelompok tersebut mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sayuran dan karbohidrat. Namun, karbohidrat disajikan secara terpisah dua kali sebelum dan sesudah makan setelah disajikan dengan protein dan sayuran.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa mengonsumsi roti setalah memakan nasi dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali, namun diimbangi dengan asupan serat dan nutisi yang cukup.

Oleh karena itu, bagaimana karbohidrat akan memengaruhi tubuh Anda sepenuhnya bergantung pada kapan dan apa yang Anda pilih untuk dimakan bersamaan dengan karbohidrat.

Meskipun telah berhasil dalam uji coba, namun lebih lanjut masih dibutuhkan studi lebih mendalam mengenai penelitian ini.