Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 17:20 WIB
  • Si Biru Cantik Bunga Telang untuk Kesehatan Seksual Wanita

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti
Si Biru Cantik Bunga Telang untuk Kesehatan Seksual Wanita
Photo :
  • Pixabay/ 632240
Clitoria Ternatea atau Bunga Telang

VIVA.co.id – Tak hanya bunga rosella, belakangan bunga atau kembang telang (Clitoria Ternatea) menjadi tanaman yang populer karena bisa diolah menjadi minuman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan.

Bunga berwarna biru cantik alami ini, biasanya ditemukan di pekarangan. Telang merupakan tumbuhan merambat yang juga biasa ditemukan di tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika.

Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang. Karena warna biru yang terang, di berbagai tempat di Asia Tenggara, bunga ini sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue.

Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Dan di Thailand, dijadikan minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan.

Diakui oleh Ahli gizi, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, telang bukan hanya bermanfaat untuk dijadikan pewarna makanan atau kue. Bunga telang, juga berkhasiat untuk anti stres.

Tak hanya itu, Prof Ahmad juga mengatakan, bunga ini juga berkhasiat membersihkan darah. "Jadi kalau ada bisul-bisul, itukan karena darah kotor, bisa minum teh bunga telang. Bunga ini juga untuk detoksifikasi menghilangkan racun," katanya saat ditemui di acara Jelajah Gizi 2017 bersama Nutricia di Batu, Jawa Timur.

Manfaat lainnya, bunga telang juga baik untuk menjaga kesehatan telinga. Biasanya, bunga telang diberi sedikit garam lalu diteteskan ke telinga, diyakini Prof Ahmad, bisa menyehatkan indera pendengaran.

"Kemudian yang tak kalah penting adalah untuk kesehatan seksual wanita. Jadi, kalau wanita alami gangguan haid, itu bisa minum teh telang."

Dijelaskan pula oleh Prof Ahmad, bunga telang memang mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan. Bahkan bunga telang juga mengandung antosianin. Salah satu fungsi antosianin adalah sebagai antioksidan di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, penyakit penyumbatan pembuluh darah. Antosianin bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah.

Dengan demikian, para ilmuwan percaya bahwa Antosianin dapat membantu mencegah penyakit tertentu, seperti kanker dan penyakit jantung. "Dalam bunga telang, terdapat juga flavonoid, dan
vitamin."