Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 19 Oktober 2017 | 16:05 WIB
  • Pentingnya Jalan Kaki 10 Menit Sehari Bagi Lansia

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Bimo Aria
Pentingnya Jalan Kaki 10 Menit Sehari Bagi Lansia
Photo :
  • VIVA / agus tri
Jalan sehat secara rutin merupakan kegiatan yang dianjurkan oleh pakar medis.

VIVA – Memberikan kursi bagi lansia di kendaraan umum menjadi sikap sosial yang dinilai bermoral. Karena memang seharusnya seseorang yang fisiknya lebih kuat, memberikan tempat duduknya untuk seseorang yang jompo.

Namun para ahli berkata lain. Menurut sebuah penelitian, para lansia sebaiknya tidak diberikan tempat duduk di kendaraan umum.

Hentikan segala macam pikiran buruk Anda tentang penelitian ini. Para ahli mengungkapkan bahwa tidak memberikan tempat duduk untuk orang lanjut usia ternyata baik untuk kesehatan mereka.

"Pikirkan dua kali sebelum memberikan tempat duduk Anda di bus atau kereta ke orang yang lebih tua (lansia). Berdiri adalah latihan yang bagus untuk mereka," ungkap Profesor dari Oxford Sir Muir Gray, penasehat klinis untuk Kesehatan Masyarakat Inggris.

Lebih lanjut Gray menyarankan lansia untuk tetap aktif pada usia lanjut. Sebaiknya keluarga dan orang-orang terdekat mendesak para lansia mereka untuk berjalan kaki ke toko sambil membawa belanjaan mereka sendiri atau naik mengupayakan para lansia tersebut untuk memilih naik tangga daripada eskalator. Durasi terbaik para lansia berjalan kaki minimal sepuluh menit sehari.

"Kita perlu mendorong aktivitas lansia seiring bertambahnya usia. Jangan pindahkan kamar orangtua ke lantai bawah. Biarkan mereka menuruni tangga dan belajar menggunakan pegangan tangga sendiri," kata dia, seperti dilansir The Independent.

Tak hanya terapi berjalan, salah satu ahli bedah ortopedi Scarlett McNally yang terlibat dalam penelitian yang sama mengungkapkan pasien lanjut usia harus melakukan terapi 'jongkok' untuk menghindari kondisi saraf dan otot yang pasif. 

"Banyak penyakit di kemudian hari bukan karena usia tapi karena otot dan saraf lansia yang pasif. Semakin banyak latihan yang kita lakukan semakin baik." (ren)