Ingin Jauh dari Penyakit, Rutin Konsumsi Apel

Ilustrasi Apel
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Apel merupakan buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan ada penelitian yang mengungkap, bahwa konsumsi apel satu buah sehari, bisa menjauhkan Anda dari dokter selamanya. Ini, karena apel mengandung komponen gizi yang memang benar-benar bermanfaat untuk kesehatan.

Dijelaskan Ahli gizi, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD yang ditemui di acara Jelajah Gizi 2017 bersama Nutricia mengatakan bahwa apel mengandung tinggi serat, mengandung asam organik dan asam askorbat--salah satu senyawa kimia yang disebut vitamin C, selain asam dehidroaskorbat. Ia berbentuk bubuk kristal kuning keputihan yang larut dalam air dan memiliki sifat-sifat antioksidan.

"Minimal satu buah apel, lebih dari 30 persen asupan serat terpenuhi. Karena mengandung banyak komponen gizi, apel bisa membantu kurangi kolesterol, segah penyakit aterosklerosis (penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri)," katanya.

Benarkah Makan 1 Apel Sehari Bisa Buat Frekuensi ke Dokter Menurun? Ini Penjelasan Ahli

Tak hanya itu, Prof Ahmad juga mengatakan, buah ini baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, karena kadar gula nya yang tidak terlalu tinggi. Dan yang terpenting, karena buah ini mengandung banyak vitami juga antioksidan, sangat bagus pula untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

"Apel juga ada vitaminnya yang mudah larut air. Ada juga pro Vitamin A-nya. Dan yang terpenting lagi, apel juga bisa bermanfaat turunkan darah tinggi."

Bukan Kulit, Ini Bagian Paling Sehat dari Apel yang Sering Dibuang
ilustrasi buah sebagai makanan sehat

Daftar Buah Penurun Kolesterol Usai Makan Daging di Idul Adha

Meskipun buah-buahan tidak secara langsung menurunkan kolesterol, beberapa jenis buah memiliki kandungan serat yang tinggi dan nutrisi lainnya yang dapat mendukung penuru

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023