Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 11:21 WIB
  • Pria Gemuk Berisiko Idap Kanker Payudara?

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Pria Gemuk Berisiko Idap Kanker Payudara?
Photo :
  • Foodbeast
Pria Tergemuk di China, Deng Guiliang

VIVA – Kanker payudara cenderung menjangkiti kaum wanita yang disebabkan adanya faktor hormon estrogen. Meski para pria tidak memiliki payudara yang bertumbuh, mereka juga berisiko mengidap kanker tersebut.

Banyak pria yang menyangkal berisiko terkena kanker payudara. Hal ini dipicu karena mereka merasa tidak memiliki payudara yang bertumbuh seperti kaum wanita. Padahal, kanker payudara bukan dilihat berdasarkan hal tersebut.

"Kanker payudara itu salah satu faktornya adalah hormon estrogen. Memang, hormon itu kebanyakan pada kaum wanita, tapi estrogen juga ada di tubuh pria yang letaknya di bawah kulitnya," ujar Spesialis Patologi Klinik dari RSK Dharmais, Dr. Evelina Suzanna, kepada VIVA.co.id di kawasan Kebon Sirih, Jakarta.

Letak hormon estrogen pria yang ada di bawah kulit, membuat tubuh yang kegemukan berisiko tinggi idap kanker payudara. Sebab, semakin besar timbunan lemak di bawah kulit, semakin tinggi juga hormon estrogen yang terkandung.

"Kalau pria gemuk, tentunya berisiko tinggi idap kanker payudara. Apalagi, risiko kanker pada pria gemuk ini akan jauh lebih besar dibandingkan kaum wanita yang memiliki payudara dengan bobot tubuh yang normal," paparnya.

Maka, Evelina membeberkan cara mudah menghindari risiko kanker payudara pada kaum pria. Salah satu contohnya dengan pola hidup sehat agar menghindari kegemukan.

"Pola hidup harus diubah dengan aktif berolahraga, sehingga berat badan menjadi ideal. Kalau pria yang memiliki keturunan estrogen berlebih, bisa terapi dengan antihormonal disertai gaya hidup yang sehat," jelasnya.