Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 15:15 WIB
  • Wanita Usia Produktif Rentan Idap Multipel Sklerosis?

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Wanita Usia Produktif Rentan Idap Multipel Sklerosis?
Photo :
  • Pexels/Pixabay
Ilustrasi wanita.

VIVA – Kondisi autoimun saat ini masih sangat sulit dipahami masyarakat. Bahkan, tidak banyak yang tahu, kaum wanita di usia produktif menjadi kelompok yang rentan terhadap penyakit ini.

Dalam data yang ada di situs Yayasan Multipel Sklerosis, tercatat penyakit autoimun jenis multipel sklerosis di Indonesia sudah mencapai angka 80 orang. Data tersebut juga menunjukkan, usia para pengidapnya cenderung pada kelompok produktif.

"Data belum terlalu akurat, tapi dari data yayasan kami, melalui link yang bisa diisi oleh penyandang multiple sclerosis (MS) langsung, usianya rata-rata 20an, usia produktif," ujar President Indonsia Foundation of Multipel Sklerosis, Kanya Puspakusuma, Dalam Media Interview Multipel Sklerosis, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat 20 Oktober 2017.

Hal ini ternyata berkaitan dengan hormonal kaum produktif. Apalagi, kaum wanita juga disebut-sebut sangat rentan mengidap penyakit autoimun ataupun multiple sclerosis.

"Kaitannya dengan hormonal, makanya banyak penderita autoimun atau MS cenderung di usia produktif dan kelompok wanita. Tapi, memang belum ada penjelasannya dengan pasti," ujar Spesialis saraf, dr. Riwanti Estiasari, Sp.S(K), di tempat yang sama.

Menurutnya, kaitan langsung antara hormonal dan penyakit autoimun belum terlihat jelas. Meski begitu, kaum wanita mesti waspada dengan mulai melakukan pola hidup baik.

"Disebut ada kaitan dengan hormonal, karena saat pasien penyakit MS hamil, kondisinya semakin baik dan jarang kambuh, tapi memang belum bisa dijelaskan pasti. Namun, pencegahamnya bisa dilakukan dengan pola hidup baik agar hormonnya tetap terjaga," paparnya.