Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 22 Oktober 2017 | 07:04 WIB
  • Tips Menjaga Mata Tetap Terlihat Segar

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Diza Liane Sahputri
Tips Menjaga Mata Tetap Terlihat Segar
Photo :
  • pixabay/Twnynina
Ilustrasi mata.

VIVA – Mata menjadi salah satu organ tubuh yang berperan besar untuk membuat aktivitas berjalan lancar. Maka, menjaga kesehatan mata merupakan hal sangat penting.

Namun, banyak yang menganggap bahwa menjaga kesehatan mata adalah hal yang sulit. Padahal, dilansir dari laman Star2, Sabtu 21 Oktober 2017, dengan cara mudah ini, bisa menjaga mata tetap sehat dan tampak segar selalu. Berikut tipsnya:

1. Konsumsi makanan untuk kesehatan mata

Lemak ikan seperti tuna dan sarden sangat kaya omega 3 yang menjaga kesehatan sel membran di saraf, termasuk retina mata. Selain itu, omega 3 mampu mencegah pemicu gangguan mata seperti penuaan.

Selain itu, buah dan sayur seperti jeruk, bayam, brokoli, dan wortel juga baik untuk mencegah katarak dan mata lelah.

2. Aktivitas di luar

Menurut peneliti, menghabiskan waktu di luar ruangan dengan paparan sinar alami, menjadi hal yang baik untuk mata. Selain itu, cahaya alami di alam membuat mata bisa tetap fokus dan mengurangi risiko myopia atau rabun jauh.

3. Jangan merokok

Merokok membuat mata rentan terkena katarak serta kerusakan pada saraf lensa. Dengan berhenti merokok juga, obesitas bisa dihindari yang menjadi pemicu dari masalah pada mata.

4. Cek rutin

Saat ada riwayat keluarga yang memiliki masalah pada mata, anaknya harus rutin melakukan cek ke dokter mata. Selain itu, orang tua harus mampu mendeteksi masalah pada mata anak seperti anak yang membaca terlalu dekat hingga masalah performa belajar di sekolahnya.

5. Kurangi gadget

Paparan sinar monitor gadget membuat risiko gangguan mata meningkat. Menghabiskan waktu dua jam atau lebih dalam bermain gadget, berisiko tinggi alami masalah mata. Maka, disarankan untuk mengistirahatkan mata dalam aktivitas rutin pemakaian gadget. (one)