Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 23 Oktober 2017 | 12:48 WIB
  • Deteksi Gejala Penyakit Serius Lewat Kondisi Kaki

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Adinda Permatasari
Deteksi Gejala Penyakit Serius Lewat Kondisi Kaki
Photo :
  • pixabay/Olivera Comunicacao
Ilustrasi kaki.

VIVA – Anda tentu sudah banyak mendengar kalau tubuh Anda bisa menggambarkan banyak mengenai kondisi kesehatan Anda. Tapi, Anda mungkin akan terkejut bila mengetahui bahwa kaki Anda bisa menceritakan banyak hal mengenai penyakit Anda. Mulai dari kaki kering dan pecah-pecah, hingga rasa kebas yang sering dirasakan. Anda harus banyak memperhatikan indikasi apa yang ditunjukkan kaki Anda. 

Berikut ini beberapa tanda yang ditunjukkan kaki yang mengindikasikan penyakit tertentu seperti dilansir Times of India.

Kering dan pecah-pecah

Jika kaki Anda menjadi kering dan pecah-pecah, bahkan dengan memberikan pelembap tidak menguranginya sama sekali, ini bisa menjadi gejala tiroid. Ketika seseorang menderita tiroid, dia mungkin akan mengalami kulit kering. Jika Anda mengalami kaki kering dan pecah, segera hubungi dokter.

Bulu rontok

Kondisi kesehatan lain yang bisa terungkap lewat kaki adalah bulu-bulu kaki yang hilang. Hal ini disebabkan oleh penyakit pembuluh darah periferal yang memengaruhi sirkulasi darah. Kondisi ini juga bisa menyebabkan penurunan pertumbuhan rambut pada kaki dan pergelangan kaki, serta dapat mengakibatkan jempol kaki berwarna keunguan.

Jempol nyeri

Kaki atau jempol kaki yang nyeri bisa menjadi indikasi adanya penyakit asam urat, yang merupakan jenis dari artritis. Kondisi ini biasanya mempengaruhi sendi dari jempol. Dalam kondisi ini, dibutuhkan pembersihan asam urat yang tinggi dari aliran darah. Karenanya, makanan yang tinggi purin harus dihindari.

Tumbuh bisul di kaki

Salah satu gejala umum dari diabets adalah tumbuhnya bisul yang tidak sembuh. Hal ini bisa disebabkan kadar gula yang tidak terkontrol yang bisa merusak saraf dan mempengaruhi sirkulasi darah. Beberapa laporan menyebutkan bahwa orang yang menderita diabetes awalnya didiagnosa mengalami masalah kaki. Gejala lainnya adalah rasa menggelitik dan kebas yang sering pada kaki.

Munculnya garis merah dan tipis

Jika Anda tiba-tiba menemukan garis merah dan tipis ini di bawah kuku kaki, hati-hatilah, ini bisa menjadi tanda infeksi jantung. Garis ini merupakan pembuluh darah yang putus yang juga mengacu pada pendarahan sempalan. Endocarditis, adalah infeksi pada lapisan dalam jantung yang bisa menjadi alasan kondisi ini muncul.

Jempol dan jari kaki bengkak

Ini bisa mengindikasikan kanker paru, penyakit jantung atau infeksi paru kronik. Jempol atau jari kaki bengkak bisa disebabkan meningkatnya aliran darah ke pembuluh darah kecil di kuku jempol dan ujung jari. Akibatnya, jari kaki dan jempol membengkak.

Lubang di kuku kaki

Gejala lain yang harus Anda hindari adalah lubang kecil atau alur di kuku kaki. Diketahui bahwa orang yang menderita psoriasis kuku juga mengalami psoriasis kulit. Perlu dicatat bahwa jika Anda belum pernah didiagnosis psoriasis tapi lubang kecil muncul di kuku jari kaki Anda, segeralah memeriksakannya.

Kuku kaki cekung

Kuku yang berbentuk seperti sendok merupakan indikasi kekurangan besi. Tapi juga bisa tanda hemakromatosis, artinya kelebihan produksi besi dan bisa menjadi indikasi penyakit Raynaud's yang bisa mempengaruhi suplai darah ke jari kaki dan kuku. Kondisi ini biasanya berkembang pada bayi dan ditangani pada awal kehidupannya. Jika Anda menyadari kondisi ini, hubungi dokter Anda.

Garis di bawah kuku kaki

Jika Anda melihat garis gelap dan vertikal di bawah kuku kaki Anda, itu bisa menjadi tanda acral lentiginous melanoma atau melanoma yang tersembunyi. Ini merupakan bentuk kanker kulit yang muncul pada bagian tubuh tak terlihat. Menurut ahli, garis berwarna hitam ini muncul pada dasar kuku. Kondisi ini sangat membutuhkan penanganan medis segera. (mus)