Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 23 Oktober 2017 | 13:15 WIB
  • Lima Ramuan Kumur Alami Ini Ampuh Redakan Radang Tenggorokan

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Lima Ramuan Kumur Alami Ini Ampuh Redakan Radang Tenggorokan
Photo :
  • Pixabay/pexels
Air lemon dan sari jahe

VIVA – Cuaca yang cepat berubah, membuat kondisi tubuh cepat menurun. Biasanya, penyakit radang tenggorokan cenderung menyerang, di saat sistem imun tubuh menurun seiring dengan perubahan cuaca yang ekstrem.

Salah satu cara mudah membasmi radang tenggorokan adalah dengan berkumur. Untuk itu, berikut lima bahan berkumur yang mudah ditemukan di rumah untuk membasmi radang tenggorokan, dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Garam dan air

Campurkan satu sendok makan garam dengan secangkir air hangat untuk membunuh kuman penyebab radang. Cairan tersebut disinyalir dapat membantu menetralisasi asam di tenggorokan, meminimalisir rasa terbakar, dan meningkatkan penyembuhan mukus membran di tenggorokan.

2. Lemon dan air

Aduk satu sendok makan perasan jeruk lemon dengan secangkir air untuk berkumur. Cairan ini dapat membantu mengurangi jaringan yang bengkak dan membuat lingkungan menjad asam sehingga bakteri dan virus dapat mati.

3. Kunyit dan air

Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melawan banyak penyakit serius. Untuk mengatasi radang tenggorokan, campurkan setengah sendok makan bubuk kunyit, setengah sendok makan garam, dan secangkir air hangat untuk berkumur.

4. Jus tomat

Untuk meminimalisasi gejala radang tenggorokan dalam jangka pendek, coba berkumur dengan campuran setengah gelas jus tomat dan air hangat, serta 10 tetes saus cabai. Antioksidan dari tomat berupa lycopene dapat membantu mengurangi gejala radang tenggorokan dengan cepat.

5. Cuka apel dan garam

Jika batuk melanda, segera berkumur dengan cuka apel. Campuran satu sendok makan cuka apel dan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat, dapat memberi suasana asam pada tenggorokan sehingga membantu membunuh bakteri jahat di sekitarnya.