Cara Cerdik Cegah Penyakit Tidak Menular

Menu Makan Sehat
Sumber :
  • pixabay/takazart

VIVA – Penyakit tidak menular (PTM) tidak kalah berbahaya dengan yang menular. Contohnya jantung, stroke, diabetes hingga kanker. Untuk menghindari dan mencegah terjadinya penyakit tidak menular, Kementrian Kesehatan RI dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) kembali menekankan pentingnya menerapkan prilaku CERDIK dalam kehiduoan sehari-hari.

Mengenal Epilepsi, Penyakit Tak Menular yang Diidap Amanda Manopo

"Tips menjaga gaya hidup baik dan terhindar dari penyakit adalah dengan pola hidup CERDIK," ujar dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM, Direktur P2PTM dari Kementerian Kesehatan, saat temu media bersama YKPI di kawasan Panglima Polim, Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2017.

Pertama, C untuk cek kesehatan secara berkala. Lily menjelaskan bahwa hal ini adalah mutlak karena PTM tidak datang secara tiba-tiba. Gejala penyakit ini biasanya mulai terasa jika sudah memasuki stadium lanjutan.

Senam dan Jalan Santai, Gaya Hidup Sehat untuk Masyarakat Rangkasbitung

E untuk enyahkan asap rokok. Rokok dianggap sebagai faktor pemicu PTM yang cukup tinggi. Selanjutnya, R yaitu rajin melakukan aktivitas fisik, berolahraga.

D, usahakan untuk memulai diet seimbang, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Idealnya, konsumsi buah dan sayur adalah 4 sampai 5 porsi, kata Lily. Terakhir, I, pastikan Anda memiliki istirahat cukup dan K, kelola stres dengan baik. (ren)

Pandemi Mulai Mereda, Tetap Waspada Ancaman Penyakit Tidak Menular
Ilustrasi bonus demografi.

Indonesia Hadapi Bonus Demografi, Ini Tantangan dan Peluangnya

Meskipun disebut sebagai masa bonus demografi, tantangan serius seperti peningkatan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan masalah tekanan hidup serta kejiwaan semakin khawatir

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2023