Orang Bertubuh Kurus Lebih Berisiko Osteoporosis, Kenapa?

Ilustrasi berjalan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Osteoporosis selama ini diketahui banyak terjadi pada mereka yang telah berusia lanjut. Di samping itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa perempuan lebih berisiko mengalami osteoporosis dibanding laki-laki.

Osteoporosis, Ancaman Wanita Pasca Menopause

Namun yang menarik adalah fakta bahwa ternyata mereka yang memiliki badan lebih kurus, ternyata lebih berisiko terkena osteoporosis. Apa sebabnya?

"Jadi kalau tulang posturnya kecil memiliki lapisan lemak yang lebih tipis daripada mereka yang berbadan besar," ungkap dr. Karina Besinga, Sp OT(K), Spesialis Ortopedi Siloam Hospital Kebon Jeruk, Rabu 25 Oktober 2017.

Rutin Minum Susu Cegah Osteoporosis? Kata Dokter Cuma Mitos

Karina menjelaskan, lapisan lemak tersebut memiliki satu fungsi yang tergabung dengan metabolisme secara keseluruhan. Jadi, ketika proses penyerapan kalsium yang masuk lewat makanan, orang dengan tubuh lebih besar menyerap lebih banyak.

"Sehingga porsinya tentu lebih tinggi dari badan kecil. Memang tidak selalu lebih keropos, tapi pada umumnya salah satu faktornya orang punya badan kecil kalsium dan yang masuk ke dalam badan lebih kecil. Tapi tidak selalu badan keropos," kata dia.

Hari Osteoporosis Nasional 2023 Gaungkan Kolaborasi Kuatkan Tulang Indonesia
Minum kopi saat sarapan

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, dari Gangguan Lambung hingga Osteoporosis

Kopi adalah minuman yang populer di seluruh dunia dan dikonsumsi oleh jutaan orang setiap hari. Meskipun kopi memiliki beberapa manfaat tapi ada pula dampak buruknya.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2024