Waspada Ragam Penyebab Kebutaan pada Anak

Ilustrasi anak-anak.
Sumber :
  • pixabay/Kadie

VIVA – Kebutaan pada anak menjadi beban yang besar bagi pemerintah. Dampaknya pun lebih besar dibanding dengan kebutaan pada orang dewasa. Meski begitu, menanggulangi kebutaan pada anak masih belum menjadi prioritas utama pemerintah.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Padahal, menurut dokter mata anak, Prof. Dr. Rita Sita Sitorus, SpM(K), meski jumlahnya tidak sebanyak seperti kebutaan pada orang dewasa, namun kebutaan pada anak bisa memberikan beban kepada negara, keluarga, sosial dan lingkungan.

Hal ini, karena anak masih memiliki masa hidup yang panjang. Misalnya, seorang anak terserang kebutaan saat masih berusia lima bulan, atau lima tahun.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Bayangkan saja, masih ada waktu puluhan tahun hingga ia mencapai usia lanjut dengan menanggung beban kebutaan. Dengan masa puluhan tahun itu pula membuat beban ekonomi yang tidak sedikit.

Rita menjelaskan, kebutaan bisa menyerang anak pada usia berapa pun dan penyebabnya bisa bermacam-macam.

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

"Bisa karena infeksi, atau seperti di era 1970-an ada kekurangan vitamin A. Defisiensi vitamin A bisa berdampak pada kebutaan, karena kelainan kornea," ujar Rita dalam seminar Deteksi Dini dan Pencegahan Gangguan Penglihatan pada Bayi Prematur di Menara Standard Chartered, Jakarta, Jumat 27 Oktober 2017.

Selain itu, kelainan katarak juga bisa menjadi penyebab kebutaan pada anak dan katarak juga bisa menyerang bayi. Pemakaian kacamata pun bisa berdampak pada penurunan penglihatan pada anak, sehingga mengganggu proses belajarnya. (asp)

Gejala umum dari diare adalah demam bisa diukur dengan termometer bentuk stiker

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Gejala umum dari diare adalah demam, yang biasanya meningkat saat anak-anak semakin sakit. Di Jawa Barat, telah tercatat ribuan kasus diare dalam setahun terakhir.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024