Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 30 Oktober 2017 | 17:35 WIB
  • Orang Kulit Putih Rentan Derita Kanker Kulit Ganas

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Adinda Permatasari
Orang Kulit Putih Rentan Derita Kanker Kulit Ganas
Photo :
  • pixabay/shc9607
ilustrasi memulas kulit dengan kapas

VIVA – Salah satu kanker kulit yang paling ditakuti karena bersifat ganas dan menyebabkan kematian adalah melanoma. Menurut Dr. dr. Aida Sofiati, SpKK(K), melanoma adalah kanker kulit yang berasal dari sel melanosit.

"Dia bisa berwarna kehitaman atau kecokelatan karena sel ini yang membentuk warna kulit," jelas Aida dalam acara Forum Ngobras 'Melanoma' di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2017.

Aida melanjutkan, melanoma merupakan bentuk kanker kulit yang paling ganas dan sifatnya mudah menyebar. Semakin dalam kanker ini tumbuh, semakin mudah dia menyebar.

Melanoma dapat terjadi di mana saja di bagian tubuh. Menurut literatur Barat, pada laki-laki biasanya muncul di badan. Sementara wanita banyak muncul di tungkai bawah.

"Penelitian di Hong Kong dan Jepang menemukan bahwa yang banyak muncul ada di telapak kaki. Kalau di wajah atau badan ada hubungannya dengan sinar UV, kalau di telapak kaki hubungannya dengan trauma," kata Aida.

Banyaknya, kasus melanoma pada telapak kaki ini karena biasanya petani di kedua negara ini kurang suka menggunakan alas kaki. Sehingga terjadi trauma dan menyebabkan kanker melanoma.
 
Umumnya melanoma menyerang orangtua yang berusia 59 tahun. Namun, ada juga yang menyerang usia 52 tahun, tergantung pada daerah tinggal dan ras.

"Orang kulit putih rentan kena melanoma karena melaninnya kecil-kecil dan sedikit," lanjut Aida.

Dan, kematian karena melanoma banyak terjadi pada pria dibanding wanita.