Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 31 Oktober 2017 | 11:03 WIB
  • Tujuh Manfaat Menakjubkan Labu untuk Kesehatan

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Adinda Permatasari
Tujuh Manfaat Menakjubkan Labu untuk Kesehatan
Photo :
  • Pixabay/Capri23auto
Labu.

VIVA – Saat perayaan Halloween, jangan hanya manfaatkan labu untuk membuat hiasan kepala labu, tapi gunakan juga untuk santapan lezat di perayaan ini.

Dilansir dari laman Huffington Post, Selasa, 31 Oktober 2017, labu memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, penglihatan dan lingkar pinggang tetap stabil.

Berikut ini adalah delapan manfaat sehat labu yang bisa Anda dapatkan.

Menjaga mata tetap tajam

Menurut National Institute of Health, secangkir daging labu matang yang ditumbuk mengandung lebih dari 200 persen vitamin A dari asupan yang direkomendasikan setiap harinya. Kandungan ini bisa meningkatkan kesehatan pandangan, khususnya pada pencahayaan yang remang.

Labu juga kaya akan karotenoid, senyawa yang memberi makanan ini warna oranye yang cerah, yang meliputi beta karoten. Kandungan ini akan diubah tubuh menjadi vitamin A yang menambah perlindungan pada mata Anda.

Menurunkan berat badan

Labu mengandung 3 gram serat per cangkir dan hanya 49 kalori, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama dengan kalori yang lebih rendah. Makanan yang kaya serat dapat membantu orang makan lebih sedikit sehingga menurunkan berat badan.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa orang yang makan satu buah apel sebelum makan siang, mengonsumsi lebih sedikit kalori selama makan dibanding orang yang makan saus atau jus apel.

Menjaga kesehatan jantung

Kacang dan biji-bijian, termasuk biji labu, kaya akan kandungan kimia berbasis tanaman yang disebut dengan fitosterol. Beberapa studi menunjukkan kandungan ini bisa menurunkan Low-density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Menurunkan risiko kanker

Seperti makanan berwarna oranye lainnya, labu padat kaya akan kandungan antioksidan beta dan karoten yang berperan penting dalam pencegahan kanker, menurut National Cancer Institute. Makanan sumber beta karoten lebih baik dibandingkan dengan suplemen. Kemudian sterol tanaman di dalam biji labu juga bisa melawan beberapa jenis kanker.

Melindungi kulit

Kekuatan menetralisir radikal bebas dari karotenoid dalam labu yang bisa menghalang sel kanker, juga bisa menjaga kulit bebas dari keriput.

Meningkatkan suasana hati

Biji labu kaya akan asam amino tritofan, bahan terkenal di Turki yang banyak orang kira bisa meningkatkan rasa kantuk. Tapi asam amino penting dalam produksi serotonin, salah faktor penting dalam pembentukan suasana hati kita. Segenggam biji labu yang dipanggang bisa membuat Anda tetap ceria.

Mengembalikan energi setelah berolahraga

Secangkir daging labu matang memiliki nutrisi kalium lebih banyak dari pisang, yaitu 564 miligram yang dapat meningkatkan energi. Sedikit tambahan kalium bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh setelah olahraga berat dan menjaga otot bekerja dengan baik.

Meningkatkan sistem imun

Labu merupakan sumber dari nutrisi penting. Satu cangkir labu yang dimasak mengandung lebih dari 11 miligram vitamin yang bisa menghalang pilek. (mus)