Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 1 November 2017 | 13:07 WIB
  • Bikin Tidur Lebih Nyenyak dengan Jus Ceri

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Adinda Permatasari
Bikin Tidur Lebih Nyenyak dengan Jus Ceri
Photo :
  • Pixabay/Wokandapix
Ilustrasi tidur

VIVA – Jika menghitung domba tidak lagi efektif mengundang kantuk, kenapa tidak Anda mencoba meminum jus ceri. Dalam sebuah penelitian, minuman dengan rasa asam manis getir ini dibagikan kepada sekelompok orang insomnia.

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Therapeutics ini menemukan bahwa meminum jus ini bisa memperpanjang durasi tidur selama rata-rata satu jam dan 24 menit setiap malam.

Dilansir The Independent, para peneliti menemukan bahan jus ceri mengandung senyawa yang bisa menghalangi produksi zat kimia di dalam otak yang menyebabkan tidur tidak nyenyak.

Selain itu, jus ini juga kaya akan procyanidins dan antosianin, yang ditemukan juga dalam blueberry, yang sering dipuji para ilmuwan karena manfaat sehatnya dan dikaitkan dengan pengurangan peradangan.

Meminum jus ini juga bisa mengurangi kadar kynurenine di dalam darah, yang telah lama dikaitkan dengan penyebab kurang tidur.

Para partisipan penelitian diberikan sebuah survei yang menanyakan mengenai kebiasaan tidur mereka. Mereka kemudian secara acak ditugaskan untuk meminum antara segelas besar jus ceri atau plasebo yang mereka minum dua kali sehari, setelah bangun dan sebelum tidur.

Setelah dua minggu, mereka yang meminum jus ceri diganti dengan meminum plasebo dan juga sebaliknya. Kemudian mereka diberikan survei yang sama untuk memonitor bagaimana minuman itu mempengaruhi pola tidur mereka.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang meminum jus ceri mendapatkan waktu tidur yang meningkat sebanyak 84 menit dan waktu efisien tidur mereka secara menyeluruh meningkat dalam Pittsburgh Sleep Quality Index.