Pemilik 4 Sifat Ini Berisiko Kena Serangan Jantung

Pria sesak napas.
Sumber :
  • Pixabay/ HansMartinPaul

VIVA – Banyak orang yang mengira bahwa penyakit jantung hanya dapat mengintai mereka yang berusia lanjut. Padahal, faktor pemicu dari penyakit jantung sangat beragam, bahkan bisa dipicu oleh beberapa sifat tertentu.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Memang benar pepatah yang mengatakan pentingnya hidup dengan berpikiran positif. Sebab, pikiran negatif serta beberapa sifat buruk lainnya malah akan memicu penyakit jantung.

"Ada empat sifat seperti mudah marah, terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan, tidak sabaran, dan mudah tersinggung, itu sangat mudah kena serangan jantung. Hal ini karena aliran darahnya yang terganggu," ujar Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Manoefris Kasim Sp.JP (K), Sp.KN, di kawasan Bekasi Timur, Rabu 1 November 2017.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Serangan jantung itu, lanjutnya, terbentuk karena adanya adrenalin tinggi yang dipicu oleh sifat negatif tersebut. Hal ini membuat kerusakan pada fungsi pembuluh darah di tubuh.

"Saat pembuluh darah mengalami penurunan fungsi, kondisi ini membuat penyerapan lemak jahat terjadi secara cepat. Sehingga, lemak jahat itu memberi penumpukan di pembuluh darah yang kemudian berisiko serangan jantung," ujar dia.

Duka Mendalam Baim Wong dan Armand Maulana atas Kepergian Donny Kesuma

Meski demikian, beberapa faktor lain juga tidak bisa disepelekan dalam memicu penyakit jantung antara lain merokok, gender, serta usia. Merokok sendiri masih menjadi pemicu utama penyakit jantung pada masyarakat.

"Perokok itu nomor satu faktor risiko utama terhadap penyakit jantung. Selain itu, pria memiliki risiko lebih besar yaitu 3:1 dibanding wanita. Serta kolesterol tinggi dan hipertensi yang berpengaruh besar," paparnya. (one)

Yuni, mantan istri Donny Kesuma.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Aktor Donny Kesuma meninggal dunia pada Selasa, 19 Maret 2024 karena sakit jantung yang diidapnya. Ia meninggal dunia di usia 55 tahun.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024