Hindari Penyakit Diabetes dengan Cara Ini

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Kehidupan saat ini membuat seseorang dituntut serba cepat dan praktis, mulai dari memilih transportasi sehari-hari hingga makanan dan minuman cepat saji. Dengan pola hidup seperti itu, lambat laun dapat mengganggu kesehatan.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Berbagai penyakit yang bisa menyerang lantaran kesibukan tanpa memperhatikan pola makan dan istirahat yang baik. Salah satunya adalah diabetes yang diakibatkan dari pola hidup yang tidak sehat.

"Berlebihnya berat badan berasal dari kurangnya aktivitas fisik, rendahnya kualitas nutrisi, dan masalah genetik menjadi salah satu dari faktor terjadinya diabetes, namun hal ini dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat," ucap ahli nutrisi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK saat ditemui pada Taiwan Excellence Promosikan Gaya Hidup Sehat untuk Hidup Lebih Bahagia di Jakarta, Kamis, 2 November 2017.

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Menurut dia, salah satu faktor penting dalam memulai hidup sehat adalah dengan berolahraga. Jika Anda tak terbiasa berolahraga, bisa memulai dengan aktivitas ringan, seperti berjalan kaki di pagi hari atau bersepeda.

"Olahraga bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja. Kita bisa berjalan kaki atau naik sepeda dari rumah ke stasiun. Memang awalnya terasa berat namun jika sudah dilakukan secara teratur selama dua bulan pertama, ke depannya akan terbiasa," ucapnya.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Namun bagi penderita diabetes, dia menyarankan, mengomsumsi makanan ringan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas. Tujuannya demi menjaga kadar gula penderita diabetes sehingga tidak terasa lemas.

Sementara usai olahraga dapat makan kembali, namun perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi, seperti beras merah, sayur, daging, dan buah. (mus)

Ilustrasi kue kering

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Lebaran sangat identik dengan hidangan bersantan seperti kare dan opor, berminyak seperti goreng-gorengan, dan makanan manis seperti kue kering dan cokelat. Apa dampaknya

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024