Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 16:06 WIB
  • Jauhi Diabetes, Ini Cara Motivasi Diri Agar Hidup Sehat

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Ayu Utami Paramitha
Jauhi Diabetes, Ini Cara Motivasi Diri Agar Hidup Sehat
Photo :
  • REUTERS/David W Cerny
Ilustrasi olahraga sepeda.

VIVA – Menyambut Hari Diabetes Sedunia yang jatuh 14 November 2017, bisa menjadi motivasi untuk Anda, untuk mulai menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Seperti diketahui, penyakit diabetes saat ini lebih banyak terjadi bukan karena dari faktor keturunan saja, namun juga dari gaya hidup yang tak sehat.

Mulai dari kurangnya beraktivitas, kurang istirahat, kurang mengonsumsi air putih, sayur, dan buah. Bahkan,  kebiasaan mengosumsi makanan cepat saji, dan minuman kaleng berkadar gula tinggi, kini disebut-sebut sebagai biang keladi penyebab diabetes.

Menurut ahli nutrisi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi,SpGK saat ditemui di acara Media Gathering TAITRA, Happy Being Healthy mengatakan, memulai gaya hidup sehat sejak dini sangat penting, namun sayangnya masih banyak orang-orang yang menunda memulainya.

"Memulai hidup sehat itu mudah. Agar terbiasa, sebaiknya memulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Seperti motivasi, kurangi camilan, berolahraga dan memberikan waktu untuk berelaksasi kepada diri sendiri," katanya di Neo Soho, Jakarta, Kamis, 2 November 2017.

Lanjut Juwalita, banyak keuntungan yang bisa dirasakan, jika pola hidup mulai diterapkan dari usia muda. Mulailah memotivasi diri, seperti jika Anda adalah seorang manula, pikirkanlah, dengan menjaga pola hidup sehat Anda memiliki waktu lebih banyak untuk dihabiskan bersama dengan keluarga, seperti melihat anak wisuda, hingga menikah.

"Aktivitas lainnya yang sulit dihindari seperti ngemil. Terkadang dengan aktivitas yang padat, Anda suka lupa camilan apa saja yang Anda makan," katanya.

Meski camilan bisa merusak pola hidup, namun bukan berarti Anda tidak bisa memanjakan lidah dengan makanan kecil manis. Agar lebih sehat, camilan inipun bisa digantikan dengan buah-buahan segar.

Yang sering pula terlupakan selain ngemil sehat dan memotivasi diri, olahraga juga seringkali terlewatkan. Mulailah dari hal kecil seperti berjalan kaki sekitar 20-30 menit selama dua bulan rutin. Dengan begitu tubuh dapat terbiasa akan pola hidup yang sehat.