Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 14:55 WIB
  • Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Bahaya Gadget

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Bahaya Gadget
Photo :
  • pixabay/Twnynina
Ilustrasi mata.

VIVA – Paparan layar gadget alias gawai, bila sering-sering dilihat, cenderung memicu bahaya kesehatan bagi mata. Tidak sedikit, efek dari paparan layar gawai membuat mata menjadi cepat lelah dan memerah.

Layar blue ray pada gawai bisa memicu rusaknya kesehàtan mata. Paparan yang berlebih, membuat tingginya risiko mengalami gangguan mata seperti rabun jauh.

"Blue ray dari gawai berbahaya jika terpapar secara berlebihan karena memicu myopia atau rabun jauh pada anak. Tips mengatasinya yaitu dengan melakukan akomodasi spasme atau melihat dengan jarak jauh agar mata bisa memiliki waktu relaksasi," ujar Pediatric Optometrist, dr. Scarlett Cacayuran, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Selain melakukan relaksasi pada mata, obat tetes mata juga bisa memberikan manfaat ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Sebab, paparan layar gawai secara berlebihan membuat mata kering.

"Mata kering umumnya terasa mudah lelah, berat dan perih. Keluhan ini akan timbul jika mata terlalu lama menatap layar komputer, terpapar oleh Air Conditioner secara terus menerus, membaca buku dan menggunakan gadget terlalu lama," jelas Farah Feddia, Brand Manager Eye Mo dan Insto, di kesempatan yang berbeda.

Menurut Farah, gawai yang digunakan terlalu sering, berdampak pada mata lelah yang dialami anak. Demikian juga dari paparan layar komputer yang tidak dibatasi waktu pemakaiannya.

"Obat tetes mata juga bisa menjadi cara efektif membuat mata kembali normal seperti sedia kala. Sebab, cairan di obat ini bisa mengatasi masalah mata kering yang banyak dialami oleh masyarakat," ujar Farah. (ren)