Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 14:51 WIB
  • Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Program Hamil

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Program Hamil
Photo :
  • Diza Liane Sahputri/Viva.co.id
Yoga

VIVA – Merencanakan kehamilan tak hanya soal menjaga dan melengkapi asupan gizi si calon ibu. Yang tak kalah penting adalah melakukan olahraga agar tubuh tetap bugar.

Meski demikian, melakukan olahraga juga tidak boleh sembarangan. Ketika menjalankan program hamil, si calon ibu tidak boleh kelelahan. Ada beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan bagi wanita yang ingin menjalankan program hamil. Dilansir laman Health, berikut ini beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

1. Aerobik

Tak perlu membayangkan jenis aerobik yang melelahkan dengan banyak gerakan. Cukup dengan gerakan berjalan, jogging. Selain itu, wanita yang sedang promil juga cocok bersepeda, atau berenang. Tak perlu setiap hari, cuku satu minggu tiga kali dengan durasi 1 jam.

2. Strengthening (memperkuat tubuh) 

Olahraga jenis ini bermanfaat untuk menguatkan otot perut, punggung atas dan bawah, tungkai atas dan tungkai bawah. Lakukan 2-3 kali seminggu dengan 8-15 ulangan, sebanyak 1-3 set. Anda berdua dapat melakukan sit-up dan senam kegel.

3. Flexibility (kelenturan)

Olahraga ini berfungsi untuk membuat otot-otot tubuh lebih rileks. Misalnya yoga. Olahraga jenis ini baik dilakukan sebagai selingan olahraga aerobik. Selain mengurangi risiko cedera, juga membuat tubuh lebih rileks, yang lambat laun akan membantu kesuburan Anda.

4. Yoga

Gerakan yoga biasanya dipusatkan pada sekitar panggul, pinggang, perut dan tulang belakang. Cara ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, kelenturan dan kekuatan tubuh di area yang berhubungan dengan kehamilan. Gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, mengatur fungsi hormon dan mengurangi stres. Semua itu membantu menstimulasi ovulasi serta membuat rahim lebih kondusif untuk terjadinya konsepsi.

5. Meditasi 

Meditasi adalah latihan yang efektif yang tidak hanya membuat rileks pikiran, namun juga tubuh Anda. Ketika Anda sedang dalam program hamil, biasanya Anda akan stres atau tegang yang justru berdampak buruk pada usaha Anda untuk bisa cepat hamil. Memiliki pikiran yang damai dan tubuh yang santai membantu Anda tetap aktif dan fit.