Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 15:37 WIB
  • Tips Meredam Stres Paling Efektif saat Jalani Program Hamil

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Tips Meredam Stres Paling Efektif saat Jalani Program Hamil
Photo :
  • Pixabay/StockSnap
Ilustrasi lari atau joging.

VIVA – Stres bisa menjadi faktor penghambat program kehamilan. Secara tidak langsung stres juga akan menyebabkan menstruasi tidak teratur yang menuju ke gangguan hormon dan akan menghambat pembuahan. 

Karenanya, relaksasi pikiran penting dilakukan bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Dilansir laman Health, ada langkah-langkah sederhana untuk mengurangi tingkat stres seseorang. Berikut ini langkah-langkah 'healing stres' yang bisa Anda coba.

1. Olahraga

Berolahraga, meskipun hanya 30 menit sehari dapat mengubah hari seseorang dari pagi sampai malam hari. Ketika endorphin dilepaskan ke dalam darah selama berolahraga, seseorang akan merasa lebih energik sepanjang hari. Endorphin merupakan senyawa kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks.

2. Yoga

Yoga memiliki manfaat mengurangi stres. Saat berkonsentrasi, masalah sehari-hari, baik besar maupun kecil, akan lebih dekat dengan solusi karena konsentrasi bisa menjadi sarana relaksasi pikiran.

3. Tertawa

Tertawa dapat mengendurkan otot saraf-saraf yang tegang karena bekerja. Ketika kita tertawa otak kita menjadi lebih rileks. Jadi, tertawalah agar Anda tidak tegang!

4. Mendengarkan musik

Dengan mendengarkan musik dapat membuat rileks otak. Musik juga dapat memengaruhi pikiran dan tubuh kita tanpa disadari.

5. Pijat

Pijat diyakini dapat membuat tubuh menjadi rileks dan bugar kembali. Karena pemijatan baik sekali untuk relaksasi dan menstabilkan tekanan darah. Setelah pemijatan, Anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan Anda.

6. Berendam atau mandi air hangat

Masukkan garam mandi ke dalam bathtub Anda. Penuhi bathtub dengan air hangat dan berendamlah sejenak di sana. Cara ini cukup efektif untuk menenangkan pada pikiran dan tubuh Anda.

7. Tidur cukup

Anda harus menciptakan lingkungan tidur yang baik untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Anda harus membuat tempat yang dingin, gelap dan cukup tidur. Anda juga harus memiliki suplemen makanan yang bisa membuat Anda tidur nyenyak.