Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 04:00 WIB
  • Benarkah Makanan Pedas Berpengaruh pada Program Kehamilan?

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Benarkah Makanan Pedas Berpengaruh pada Program Kehamilan?
Photo :
  • Pixabay/ rawpixel
Ilustrasi wanita makan.

VIVA – Banyak informasi yang beredar dari mulut ke mulut soal pengaruh makanan pedas bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan, atau program hamil.

Dikatakan bahwa mengonsumsi makanan pedas akan berdampak 'panas' di dalam rahim. Benarkah demikian?

Dilansir laman Health, Senin 6 November 2017, ternyata hal itu hanyalah mitos belaka. Belum ada penelitian medis terpercaya yang menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan pedas sebabkan gangguan kesuburan.

Gangguan kesuburan pada wanita, berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon, atau kelainan pada organ reproduksi. Namun, kondisi tersebut tataplah perlu dibuktikan melalui serangkaian pemeriksaan medis.

Sebaliknya, bagi para wanita yang merencanakan program kehamilan sebaiknya memerhatikan asupan gizinya. Berikut ini, beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi selama melakukan program kehamilan.

1. Konsumsi lemak

Disarankan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh ketimbang lemak trans. Lemak jenis ini bisa diperoleh dari minyak zaitun, avokad, dan kacang-kacangan yang baik untuk tubuh. Hindari lemak trans yang biasanya terdapat pada makanan gorengan. Lemak trans bisa merugikan jalannya hormon insulin yang bisa mengganggu kesuburan wanita.

2, Konsumsi protein

Protein pendorong kesuburan. Protein dari makanan baik untuk membantu membangun otot. Wanita yang berusaha untuk hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan protein mereka dari nabati ketimbang dari protein hewani. 

3. Kurangi asupan daging merah

Wanita yang berencana untuk hamil, sebaiknya mengurangi asupan daging merah, kalkun, maupun daging prosesan, karena bisa mengandung nitrat dalam jumlah yang tak aman, dan bisa menyebabkan infeksi. Disarankan untuk menghindari juga daging mentah maupun daging asap.

4. Konsumsi lebih banyak susu

Ketika Anda berencana untuk hamil, amat disarankan untuk menambah asupan susu tinggi lemak, misal keju dan yoghurt. Tipe makanan seperti ini juga kaya akan protein yang membantu meningkatkan kekuatan tulang, kulit,dan rambut.

5. Konsumsi asam folat 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat membantu seseorang untuk meningkatkan kesuburannya. Makanan yang kaya akan tingkat asam folatnya antara lain kacang-kacangan, whole grain, buah sitrus, dan sayuran berdaun hijau. Mengonsumsi vitamin pranatal yang mengandung asam folat juga dapat membantu. Setidaknya konsumsi sekitar 400 mikrogram, sehingga bisa membantu mengurangi kemungkinan kelainan pada kehamilan. (asp)