Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 05:48 WIB
  • Bahayanya Menyimpan Telur di Pintu Lemari Es

  • Oleh
    • Beno Junianto,
    • Adinda Permatasari
Bahayanya Menyimpan Telur di Pintu Lemari Es
Photo :
  • Pixabay/ponce_photography
Telur ayam.

VIVA – Masalah menyimpan telur yang baik, antara lemari es dengan lemari biasa, sudah menjadi perdebatan sejak lama. Beberapa orang akan mengatakan kalau ingin telur tetap segar dalam waktu lama adalah dengan menyimpannya di lemari es.

Sementara beberapa lainnya mengatakan lebih baik menyimpan di lemari, karena mungkin itulah yang dilakukan para nenek mereka.

Meski begitu, seorang ahli penyimpanan makanan mengatakan, telur yang disimpan di rak di bagian pintu lemari es akan lebih cepat rusak.

Dilansir dari laman The Independent, Vlatka Lake dari Space Station mengklaim bahwa menyimpan telur dalam rak pintu berarti telur ini sering terpapar perubahan suhu saat pintu dibuka dan ditutup. Artinya, telur akan lebih besar kemungkinannya menjadi busuk.

Saran Lake memperkuat kembali klaim yang dibuat oleg Good Housekeeping bulan Mei, saat editor konsumen Sara Benwell menjelaskan bahwa telur lebih aman kalau disimpan di suhu yang bisa terjaga.

Dia merekomendasikan untuk menyimpannya di dalam kotak dan menaruh di rak tengah dalam lemari es.

British Egg Information Service juga menyarankan agar menyimpan kotak telur jauh dari makanan berbau kuat lainnya, karena cangkang telur berpori. Untuk menghindari dari segala kemungkinan kontaminasi, mereka juga menyarankan untuk menjauhkan telur dari daging mentah.

Selain itu, suhu optimal untuk menjaga kesegaran dan kualitas telur adalah 20 derajat celcius. Bagi Anda yang suka membuat telur orak-arik dan semacamnya, sebaiknya keluarkan telur dari lemari es 30 menit sebelum memprosesnya. Hal ini untuk mencegah agar kulit telur tidak retak karena perubahan suhu yang tiba-tiba.

Mereka juga menyarankan agar jangan pernah memasak telur kedaluwarsa atau yang kotor.