Komplikasi Diabetes Bisa Sebabkan Telinga Tuli

Telinga.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Diabetes yang tidak terkontrol bisa meningkatkan risiko terjadinya komplikasi. Komplikasi yang ditimbulkan bisa berupa gagal ginjal, luka yang harus diamputasi, hingga kebutaan.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Selain itu, menurut dr. Wendri Pelupessy, komplikasi diabetes juga bisa menyebabkan telinga menjadi tuli. Kondisi ini sering terabaikan dari penderita diabetes.

"Gula darah yang tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh saraf telinga, sehingga menurunkan pendengaran. Ini tidak pernah diketahui," kata Wendri, saat ditemui VIVA.co.id di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Meski belum ada laporan mengenai komplikasi ini di Indonesia, tetapi Wendri menjelaskan, ada laporan tidak langsung yang menyebutkan bahwa pada diabetes ditemukan penurunan fungsi dengar. Prosesnya terjadi ketika gula darah yang tidak terkontrol bisa menimbulkan sumbatan pembuluh darah kecil atau kapiler.

"Kapiler yang tersumbat terjadi pada pembuluh saraf telinga, telinga bagian dalam. Jika pembuluh saraf tersumbat, tidak ada asupan darah ke pembuluh saraf sehingga menyebabkan sensitivitas dengar terganggu," lanjutnya.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Karena itulah, penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan skrining dan melakukan pemeriksaan penunjang lain, seperti rekam jantung, saraf, dan THT. Tujuannya adalah untuk mendeteksi dini komplikasi.

Sebaiknya skrining dilakukan sejak dokter mengatakan positif diabetes. Dan, pemeriksaan ini dilakukan setiap tahun sekali.

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024