Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 9 November 2017 | 06:00 WIB
  • Ingin 'Ngemil'? Ini Aturan Bagi Penderita Diabetes

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Adinda Permatasari
Ingin 'Ngemil'? Ini Aturan Bagi Penderita Diabetes
Photo :
  • Pexels/Kaboompics
Ilustrasi makan.

VIVA – Salah satu upaya menjaga kadar gula darah tidak melonjak pada penderita diabetes adalah dengan mengatur pola makan. Termasuk dalam menjaga camilan di sela makan utama.

Menurut dr. Wendri Pelupessy, camilan atau makanan ringan bagi penderita diabetes sebaiknya jangan yang mengandung kalori tinggi. Misalnya, crackers yang dijual di toko serba ada, atau makanan ringan kemasan dengan kalori tinggi yang tidak membuat kenyang.

"Yang baik adalah yang mengenyangkan, rendah kalori, misalnya yang alamiah itu blewah. Ada juga beberapa produk yang dikenal padat dan tinggi serat seperti protein bar," kata Wendri kepada VIVA.

Untuk mengetahui apakah kandungan kalori suatu produk tinggi atau tidak, bacalah informasi gizinya di kemasan. Kandungan gula yang tinggi pada sebuah produk, menandakan tingginya kalori.

Maksimal kalori dari makanan ringan yang dikonsumsi sehari adalah 200-300 kalori. Jumlah ini dibagi menjadi tiga, jadi satu kali makan makanan ringan jumlah kalorinya sebesar 100 kalori.

"Jadwal makannya per tiga jam dengan jarak dua jam dari makan besar, karena dua jam adalah waktu yang diperlukan untuk pengosongan lambung," imbuh Wendri.