Ingin 'Ngemil'? Ini Aturan Bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi makan.
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics

VIVA – Salah satu upaya menjaga kadar gula darah tidak melonjak pada penderita diabetes adalah dengan mengatur pola makan. Termasuk dalam menjaga camilan di sela makan utama.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Menurut dr. Wendri Pelupessy, camilan atau makanan ringan bagi penderita diabetes sebaiknya jangan yang mengandung kalori tinggi. Misalnya, crackers yang dijual di toko serba ada, atau makanan ringan kemasan dengan kalori tinggi yang tidak membuat kenyang.

"Yang baik adalah yang mengenyangkan, rendah kalori, misalnya yang alamiah itu blewah. Ada juga beberapa produk yang dikenal padat dan tinggi serat seperti protein bar," kata Wendri kepada VIVA.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Untuk mengetahui apakah kandungan kalori suatu produk tinggi atau tidak, bacalah informasi gizinya di kemasan. Kandungan gula yang tinggi pada sebuah produk, menandakan tingginya kalori.

Maksimal kalori dari makanan ringan yang dikonsumsi sehari adalah 200-300 kalori. Jumlah ini dibagi menjadi tiga, jadi satu kali makan makanan ringan jumlah kalorinya sebesar 100 kalori.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

"Jadwal makannya per tiga jam dengan jarak dua jam dari makan besar, karena dua jam adalah waktu yang diperlukan untuk pengosongan lambung," imbuh Wendri.

Ilustrasi obat suntik diabetes

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Puasa adalah salah satu praktik keagamaan yang dijalankan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk mereka yang menderita diabetes supaya tahan seharian.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024