Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 10:53 WIB
  • Diet? Konsumsi Ini saat Sarapan Bikin Kenyang Lebih Lama

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Diet? Konsumsi Ini saat Sarapan Bikin Kenyang Lebih Lama
Photo :
  • Pixabay/Engin_Akyurt
Ilustrasi jamur

VIVA – Saat sarapan, sedikit sekali orang yang memilih jamur untuk dikonsumi. Padahal, sayuran ajaib ini ampuh membuat kenyang lebih lama hingga waktu makan siang.

Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, tidak perlu lagi bingung dalam memilih makanan. Jamur menjadi jawaban untuk sarapan di pagi hari agar memberi ketahanan kenyang yang lebih lama, seperti dilansir dari laman Reader's Digest.

Penelitian terbaru dari University of Minnesota menemukan bahwa mengonsumsi jamur saat sarapan berdampak pada rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan sarapan jenis lainnya seperti sereal dan donat serta kopi. Dalam penelitian itu, partisipan diminta mengonsumsi berbagai varian jamur secara rutin mulai dari jenis cremini hingga white buttons.

Para partisipan dibagi dua kelompok dengan mengonsumsi sandwich jamur dan daging cincang untuk sarapan. Dalam 10 hari, peneliti menganalisis kedua perbedaan dari dua kelompok tersebut.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi sandwich jamur tercatat kenyang lebih lama. Selain itu, menu jamur tersebut terbukti mengandung protein tinggi yang berperan dalam memicu kenyang lebih lama. Serta, serat yang tinggi di dalamnya yang menekan keinginan lapar.

Meski penurunan berat badan tidak terdata di dalam studi ini, dengan hadirnya manfaat baik di jamur, memicu penurunan berat badan lebih efektif. Dalam penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa kaitan antara asupan serat yang cukup mampu menurunkan berat badan dengan baik.