Trik Mudah Si Kecil Tidak Lagi Takut ke Dokter

Mindset dokter pada anak-anak biasanya negatif. Ini harus diubah.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA – Tidak sedikit anak-anak yang ketakutan saat harus diajak ke dokter. Kondisi tersebut membuat orang tua seringkali kebingungan untuk mengajak si kecil mau berkunjung ke dokter.

COVID-19 Melonjak, IDAI Tolak Sekolah Tatap Muka

Pola pikir yang mengerikan pada sosok dokter, ternyata menjadi alasan kuat di balik rasa takut si kecil. Anak-anak cenderung berpikir bahwa pergi ke dokter akan memberinya ketakutan tersendiri.

“Mindset dokter pada anak-anak biasanya negatif. Gambaran buruk dan mengerikan soal dokter banyak diperlihatkan pada anak-anak. Ini yang harus diubah sejak awal," ujar Pakar Psikologi, Sani Hermawan, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Sepotong Hati untuk Nevan

Sani berujar agar orangtua mau secara perlahan mengubah pola pikir anak terhadap tim medis, khususnya dokter. Selain itu, orangtua sebaiknya memberi pemahaman secara detail terkait kegiatan yang akan dilakukan saat ke dokter.

"Kalau memang akan disuntik, bilang saja seperti itu, tapi beri pemahaman bahwa suntik bukan hal mengerikan, persiapkan anak secara mental. Beritahu manfaatnya apa untuk tubuh anak agar setelahnya anak bisa menyiapkan diri," ujar Sani.

Pentingnya Rumah Sakit Ramah Anak Mampu Hilangkan Trauma

Selain itu, saat di ruang tunggu, orangtua bisa menyiapkan hal-hal menyenangkan pada anak seperti permainan atau makanan kesukaannya. Hal itu bisa memperbaiki suasana hati si kecil serta membuatnya tidak lagi takut pada sosok dokter.

"Kasih anak mainan saat menunggu giliran masuk, itu diperbolehkan untuk meminimalisir rasa was-was yang rentan hadir pada anak. Ajak dia mengalihkan perasaannya juga melalui makanan kesukaan dia." (ren)

Aksi Donor Darah dan Sunat Massal 20 Tahun GFJA

dr. Reisa: Orangtua Harus Siapkan Ini Sebelum dan Sesudah Anak Sunat

Sunat atau dalam istilah medis disebut dengan sirkumsisi, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2021