Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 16 November 2017 | 16:13 WIB
  • Studi: Pasangan Lebih Sering Bertengkar saat Liburan

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Studi: Pasangan Lebih Sering Bertengkar saat Liburan
Photo :
  • pixabay/LindsayFox
Ilustrasi pasangan sedang bertengkar.

VIVA – Seharusnya masa liburan menjadi momen menyenangkan dengan pasangan. Sayangnya, tidak sedikit pasangan yang lebih banyak bertengkar saat menjalani masa liburan bersama.

Dilansir dari laman NY Post, berlibur memicu kondisi stres bagi warga Amerika. Tercatat dari American Psychological Association, satu dari lima orang mengatakan sering stres saat berlibur serta bagi sejoli, berlibur adalah masa yang sulit.

Satu alasan kuat di balik data tersebut yaitu isu pada keuangan yang ada di pasangan. Bahkan, menurut studi dari jurnal Family Relationships, masalah keuangan bisa memicu perceraian. Mengerikannya, perceraian ini terjadi setelah masa berlibur.

Permasalahan keuangan yang menjadi isu besar dan memicu pertengkaran adalah seberapa banyak uang yang mau dihabiskan untuk memberi oleh-oleh. Sehingga, untuk meminimalisir adanya pertengkaran saat berlibur, tiap pasangan dianjurkan mengatur budget untuk membeli hadiah atau buah tangan.

Menurut ahli, terdapat beberapa strategi jitu untuk mencegah pertengkaran saat berlibur. Dimulai dari proses menabung sebelum liburan berlangsung. Selain itu, untuk lebih menghemat, Anda bisa membelikan buah tangan untuk dipakai atau dikonsumsi beramai-ramai dan bukan hadiah untuk per orang.

Hal paling sederhana yaitu mengatur dana yang sudah terkumpul untuk aktivitas liburan dan pembelian buah tangan sebelum liburan berlangsung. Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa terhindar dari masalah keuangan yang menanti saat liburan. (hd)