Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 16 November 2017 | 16:51 WIB
  • Bahaya 'Mager', Tanpa Disadari Bakal Bikin Tubuh Seperti Ini

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Bahaya 'Mager', Tanpa Disadari Bakal Bikin Tubuh Seperti Ini
Photo :
  • Pixabay/StockSnap
Ilustrasi wanita duduk

VIVA – Air mineral merupakan kebutuhan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, pesatnya perkembangan teknologi, menjadi salah satu pemicu rendahnya konsumsi air pada individu.

Teknologi yang semakin mempermudah aktivitas, membuat masyarakat sudah mulai jarang bergerak. Hal ini yang membuat masyarakat jarang merasa haus sehingga tidak memberi kecukupan minum pada tubuhnya.

"Banyak kemudahan yang membuat penurunan aktivitas sehari-hari seperti memesan belanjaan hanya lewat internet, atau pesan makanan lewat online. Aktivitas yang menurun membuat konsumsi minuman turut menurun," ujar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Ulul Albab SpOG, usai acara konferensi pers Le Minerale Water Run 2017 di kawasan Kebayoran, Jakarta, Kamis, 16 November 2017.

Selain itu, aktivitas berolahraga juga sudah sangat minim dikerjakan oleh masyarakat urban. Dampaknya, tentu saja berujung pada kesehatan yang menurun.

"Air dengan kandungan mineral memengaruhi proses kimia di tubuh. Selain air dari buah dan sayur, para ahli menyarankan adanya konsumsi air mineral. Apalagi, data menunjukkan, hanya 40 persen warga jakarta yang aktif bergerak sehingga asupan air mineral juga turut menurun," paparnya.

Untuk itu, Ulul menjelaskan bahwa konsumsi kebutuhan air bisa untuk mencukupi 50 hingga 60 persen cairan di tubuh. Ulul juga menegaskan masyarakat harus jeli dalam memilih air mineral yang tepat.

"Tentu jangan ada bakteri e.coli. selain itu, tidak boleh berbau, berwarna, dan terasa aneh serta pH standar yaitu 6,5 sampai 8. Kebutuhan minuman per hari juga sebaiknya mencapai 1,8 liter agar cairan di tubuh tercukupi," jelasnya.

Febri Satria Hutama, Marketing Manager RTD Coffee & Water PT Mayora Indah, Tbk, produsen Le Minerale, mengatakan pihaknya akan mengadakan Le Minerale Water Run 2017 sebagai bagian dari kampanye Gerakan Indonesia Sehat bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Le Minerale Water Run merupakan sebuah acara 'Fun Run' yang diselenggarakan oleh di FX Lifestyle Center Sudirman pada hari Minggu, 26 November 2017. Le Minerale Water Run terdiri dari 2 konsep yaitu Fun Run 5K dan 2K Family Run. Selain edukasi untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama berkumpul untuk memulai gaya hidup sehat, juga akan dilengkapi dengan kegiatan cek kesehatan gratis oleh IDI untuk para peserta. 

  • Terlalu Boros, Pemerintah Coba Tekan Konsumsi Air Nasional
    Terlalu Boros, Pemerintah Coba Tekan Konsumsi Air Nasional
  • Dewan Minta Air Bersih Jakarta Dikelola PAM Jaya
    Dewan Minta Air Bersih Jakarta Dikelola PAM Jaya