Studi: Wanita Jomblo Lebih Bahagia daripada Pria

Ilustrasi wanita lajang.
Sumber :
  • Pexels/Chevanon Photography

VIVA – Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang menjomblo, lebih bahagia dibanding kaum pria dengan status yang sama. Nyatanya, para wanita lebih bahagia, karena merasa bebas untuk melakukan banyak hal.

Alasan Ariel NOAH Masih Betah Jomblo

Dilansir dari laman NY Post, Selasa 21 November 2017, sebanyak 61 persen wanita jomblo merasa lebih bahagia dibandingkan pria jomblo, yang hanya 49 persennya. Terlebih, 75 persen wanita memilih tidak aktif menjalin hubungan serius dalam satu tahun terakhir, dibandingkan kaum pria yang hanya berjumlah 65 persen.

"Alasan di balik kebahagiaan para wanita jomblo tersebut, yaitu hadirnya dukungan kelompok pertemanan yang memicu minimnya beban terhadap kebutuhan sebuah hubungan. Mereka bisa bebas membicarakan pendapat dan perasaannya ke kelompok itu," ujar analisis gaya hidup, Jack Duckett.

Nissa Sabyan Bangga Ngaku Jomblo, Ayus: Bilang Aja Udah

Berbeda dengan kaum pria yang sulit merasakan kebebasan berpendapat di kelompok pertemanannya. Tidak adanya pasangan, membuat kaum pria menjadi lebih sulit membicarakan pendapat mereka.

"Pria yang tidak memiliki pasangan berarti membuat mereka sulit membicarakan isu yang memengaruhi mereka. Menjalin hubungan romantis dengan pasangan membuat pria lebih nyaman untuk membicarakan pendapatnya," katanya.

Jangan Sedih, Ini 5 Manfaat Menjomblo yang Terbukti Secara Ilmiah

Alasan lainnya, menurut ahli hubungan, Susan Winter, perubahan peran gender dalam sebuah hubungan semakin berbeda. "Dulu, wanita sangat bergantung pada pria. Kini, wanita bisa bekerja sendiri menghidupi dirinya tanpa pria," katanya. 

Blibli.

E-Commerce Ini Siapkan Pasangan untuk Mereka yang Masih Jomblo

E-commerce milik Grup Djarum, Blibli, membuka kesempatan untuk makan malam bareng Anya Geraldine atau Boy William bagi mereka yang jomblo atau belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
13 Februari 2022