Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 21 November 2017 | 10:28 WIB
  • Studi: Wanita Jomblo Lebih Bahagia daripada Pria

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Diza Liane Sahputri
Studi: Wanita Jomblo Lebih Bahagia daripada Pria
Photo :
  • Pexels/Chevanon Photography
Ilustrasi wanita lajang

VIVA – Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang menjomblo, lebih bahagia dibanding kaum pria dengan status yang sama. Nyatanya, para wanita lebih bahagia, karena merasa bebas untuk melakukan banyak hal.

Dilansir dari laman NY Post, Selasa 21 November 2017, sebanyak 61 persen wanita jomblo merasa lebih bahagia dibandingkan pria jomblo, yang hanya 49 persennya. Terlebih, 75 persen wanita memilih tidak aktif menjalin hubungan serius dalam satu tahun terakhir, dibandingkan kaum pria yang hanya berjumlah 65 persen.

"Alasan di balik kebahagiaan para wanita jomblo tersebut, yaitu hadirnya dukungan kelompok pertemanan yang memicu minimnya beban terhadap kebutuhan sebuah hubungan. Mereka bisa bebas membicarakan pendapat dan perasaannya ke kelompok itu," ujar analisis gaya hidup, Jack Duckett.

Berbeda dengan kaum pria yang sulit merasakan kebebasan berpendapat di kelompok pertemanannya. Tidak adanya pasangan, membuat kaum pria menjadi lebih sulit membicarakan pendapat mereka.

"Pria yang tidak memiliki pasangan berarti membuat mereka sulit membicarakan isu yang memengaruhi mereka. Menjalin hubungan romantis dengan pasangan membuat pria lebih nyaman untuk membicarakan pendapatnya," katanya.

Alasan lainnya, menurut ahli hubungan, Susan Winter, perubahan peran gender dalam sebuah hubungan semakin berbeda. "Dulu, wanita sangat bergantung pada pria. Kini, wanita bisa bekerja sendiri menghidupi dirinya tanpa pria," katanya.