Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 09:41 WIB
  • Terungkap, Makanan yang Ampuh Bikin Tubuh Cepat Terlelap

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Diza Liane Sahputri
Terungkap, Makanan yang Ampuh Bikin Tubuh Cepat Terlelap
Photo :
  • pixabay/unsplash
Ilustrasi tidur.

VIVA – Meski sudah mematikan lampu kamar, jauh dari kafein, dan menghindari layar ponsel, tapi Anda masih sulit terlelap di malam hari? Ternyata kunci utama cepat tidur terletak pada pilihan jenis makanan yang dikonsumsi saat makan malam.

Dilansir dari laman Reader's Digest, Senin, 27 November 2017, peneliti dari American Academy of Sleep Medicine menuturkan bahwa trik memaksimalkan tidur yaitu dengan pemilihan makanan yang tepat. Untuk melihat jenis makanan yang tepat tersebut, peneliti dari Columbia University Medical Center mengobservasi pola tidur dari 26 orang dewasa selama lima malam.

Pada empat malam pertama, partisipan diberikan makanan rendah lemak dan tinggi protein, lalu peneliti mengobservasi pola tidurnya. Di malam terakhir, partisipan bebas mengonsumsi makanan apa saja yang mereka sukai, lalu peneliti mengobservasi pola tidurnya lagi.

Hasil studi yang telah dipublikasikan di Journal of Clinical Sleep Medicine itu lantas menunjukkan bahwa pilihan makan berperan besar dalam kualitas tidur individu. Saat mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi protein, peserta studi dapat terlelap dalam waktu 17 menit saja.

Sementara itu, berbanding terbalik dengan pilihan makan sepuasnya di hari terakhir, di mana menghabiskan hampir dua kali lipat waktu atau sekitar 30 menit untuk bisa terlelap. Ternyata, peneliti menemukan, makanan tinggi gula dan lemak itu tidak hanya membuat tubuh sulit tertidur, tapi juga membuat tubuh sering terbangun di malam hari.

"Fakta dari studi ini adalah bahwa pola makan dan kualitas tidur saling berpengaruh untuk menghasilkan gaya hidup yang baik," ujar peneliti dr. Nathaniel Watson. (art)