Awas, Pinjam Earphone Teman Bisa Picu Infeksi Telinga

Mendengarkan musik lewat earphone.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sering meminjam earphone milik orang lain, tentunya sudah hal yang lumrah untuk dilakukan. Namun, siapa sangka, hal yang sering dianggap sepele itu bisa memicu dampak yang berbahaya.

Dampak Buruk Pakai Headphone Terlalu Lama, Begini Aturan yang Benar

Dilansir dari laman Reader's Digest, Senin, 27 November 2017, telinga memiliki perlindungan alami melalui cairan telinga yang ada di dalamnya. Cairan tersebut mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk melindungi telinga dari risiko infeksi.

Dengan menaruh earphone di telinga, membuat bakteri di dalam telinga itu memiliki suasana yang hangat dan gelap di telinga bagian dalam. Bakteri-bakteri baik itu bisa saja naik ke arah earphone dan mengendap di permukaannya.

Pakai Headphone 1 Jam Bakteri Tumbuh 700 Kali Lipat di Telinga, Benarkah?

"Bakteri akan menempel di permukaan earphone dan berkembang biak di situ," ujar peneliti, Kelly Reynolds, PhD.

Jika bakteri ini jumlahnya meningkat, bahayanya bisa berdampak pada infeksi telinga. "Jumlah yang bertambah akibat perkembangbiakannya dapat memicu infeksi telinga," ucap otolaryngologist, Dr. Abbas Anwar.

5 Produk Baru Edifier Ramaikan Pasar Earphone Indonesia

Anwar menjelaskan, bagaimana jika bakteri milik orang lain yang berkembang biak di earphone, menempel di telinga Anda. Tentunya infeksi telinga akan semakin rentan terjadi. Sehingga, sebelum meminjam earphone, sebaiknya diperiksa kebersihannya atau dibersihkan dengan kapas alkohol terlebih dahulu.

"Bakteri milik orang lain, kemudian masuk ke telinga Anda dapat memicu infeksi telinga. Jadi, sebelum saling meminjam earphone, ada baiknya diperiksa kebersihannya terlebih dahulu," kata Anwar.

Ilustrasi headphone.

Jangan Bingung, Ini Bedanya Headphone-Earphone-Airpods dan Earbuds

Ketika berbicara tentang perangkat audio, terdapat berbagai jenis perangkat yang bisa digunakan, seperti headphone, earphone, airpods, dan earbuds. Apa sih perbedaannya?

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2023